Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis keefektifan soal-soal AKM literasi dan numerasi, memetakan kemampuan membaca dan menghitung, serta mengkorelasikan AKM kelas dengan keterampian berfikir logis. Metode penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods). Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah yang berbeda letak geografisnya. Sampel yang digunakan memakai teknik purpossive sampling yaitu kelas VIII D SMPN 2 Majalengka, kelas VIII A SMPN 7 Kota Cirebon, kelas VIII B SMP IT Al-Muqoddas dengan total 60 responden. Hasil penelitian menunjukkan soal-soal AKM baik kategori literasi dan numerasi mampu memetakan kemampuan membaca dan kemampuan menghitung peserta didik. Pemetaan AKM diperoleh dari pelaporan hasil AKM berdasarkan jenis sekolah, jenis kelamin, dan tingkat prestasi peserta didik. Hasil pemetaan menunjukkan kompetensi “perlu intervensi khusus” berada dilevel tertinggi dibandingkan tiga kompetensi lainnya (dasar, cakap, dan mahir) dengan presentase 40% pada literasi dan 54% pada numerasi. Hasil AKM dikorelasikan dengan skor TOLT yang merupakan alat untuk mengukur keterampilan berfikir logis. Analisis korelasi antara AKM literasi dengan skor TOLT berada pada kategori tinggi yaitu 0,99 begitupun halnya pada AKM numerasi berada pada kategori tinggi dengan nilai 0,98.

Article Details

How to Cite
Solihin, N., Wahidin, W., & Hindriana, A. F. (2020). Pengembangan AKM Kelas: Analisis Korelasi Nilai AKM terhadap Keterampilan Berpikir Logis Siswa SMP Kelas VIII di Wilayah III Cirebon. Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 8(2), 41-47. https://doi.org/10.25134/edubiologica.v8i2.10231

References

  1. Asmaningtias, Y, 2009, “Kemampuan Matematika Laki-Laki dan Perempuan”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, vol.1, no.2, pp. 1-15.
  2. Asrijanty, 2020, AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran, Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan, Jakarta.
  3. Hanurani, H, 2020, “Integrasi Literasi Informasi pada Pendidikan dan Pelatihan Jarak Jauh Pendalaman Materi Biologi Madarasah Aliyah”, Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, vol.1, no.10, pp. 1874-1888.
  4. Hewi & Shaleh, 2020, “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu pada Pendidikan Anak Usia Dini)”, Jurnal Golden Age, vol.1, no.4, pp. 30-41.
  5. Ismail RN, 2020, “Creative Approach Guidance and Counseling Facing Independence Learning Policy: Minimum Competency Assessment and Survey Characters in the Industrial Revolution 4.0”, E-Tech, vol.1, no.8, pp. 1-10.
  6. Kemendikbud, 2020, Lembar Tanya Jawab Asesmen Nasional, Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
  7. Kendi & Helsa, 2018, “Literasi Matematis dalam Pembelajaran Berbasis Masalah”, Prosiding Seminar Nasional Pendidian Guru SD, pp. 165-174.
  8. Nurjan, S, 2016, Psikologi Belajar, Wade Group, Ponorogo.
  9. Nuryadi, 2017, Dasar-Dasar Statistik Penelitian, Sibuku Media, Yogyakarta.
  10. Perdana, N, 2021, “Analysis of Student Readiness in Facing Minimum Competency Assessment” Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-Ilmu Sosial, vo.1, no.5, pp. 15-20.
  11. Prakoso, B H, 2020, Mempersiapkan AKM Menuju Sekolah Berkualitas, Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang Kemendikbud, Jakarta.
  12. Pusat Asesmen dan Pembelajaran, 2020, Asesmen Kompetensi Minimum dan Implikasinya Dalam Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
  13. Safari, 2020, Evaluasi Pendidikan: Penyusunan Kisi-Kisi, Penulisan dan Analisis Butir Soal, Erlangga, Jakarta.
  14. Setiawati, W, 2019, Buku Penilaian Berorentasi Higher Order Thinking Skills, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
  15. Swestyani, S, 2015, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis melalui Penerapan Discovery Learning pada Materi Sistem Reproduksi di Kelas XI MIA (1) SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015”, Jurnal Pendidikan Biologi, vo.3, no.7, pp. 78-87.
  16. Wardany, K, 2017, “Pengembangan Penilaian untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills Siswa”, Jurnal Inkuiri, vo.2, no.6, pp. 1-16.