Main Article Content

Abstract

Pembelajaran abad 21 memiliki prinsip pokok bahwa pembelajaran harus berpusat pada siswa, bersifat kolaboratif, kontekstual, dan terintegrasi dengan masyarakat. Dominansi pendekatan teacher center menyebabkan aktivitas siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas siswa dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami dalam menggunakan model pembelajaran jigsaw pada pembelajaran IPA Biologi di sekolah menengah. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan jenis narrative review. Berdasarkan hasil studi literatur diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan aktivitas siswa sekolah menengah pada pembelajaran IPA biologi dan terdapat kendala yang dialami seperti membutuhkan waktu yang lama, kurangnya kerjasama siswa, dalam pembentukan kelompok suasana kelas masih kurang kondusif dan siswa masih belum terbiasa menggunakan model pembelajaran jigsaw.

Article Details

Author Biographies

Yuli Suprihatin, Universitas Ahmad Dahlan

Pendidikan Biologi

Hani Irawati, Universitas Ahmad Dahlan

Pendidikan Biologi
How to Cite
Suprihatin, Y., & Irawati, H. (2024). Studi Literatur: Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Sekolah Menengah Pada Pembelajaran IPA (Biologi). Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 12(1), 6-13. https://doi.org/10.25134/edubiologica.v12i1.4034

References

  1. A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
  2. Agustini, M. 2019. "Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Siswa Kelas XI MIA2 MAN 1 Hulu Sungai Tengah". Jurnal Pendidikan Hayati, 5, 172–179.
  3. Al-Tabany, T. I. B. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
  4. Asma, N. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
  5. Budiyanto, M. A. K. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL) (1st Ed.). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
  6. Ferdiani, D. D. 2018. "Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan". Jurnal Penelitian Guru Fkip Universits Subang, 1.
  7. Irawati, S., & Pasaribu, L. 2014. "Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii E Smpn 17 Kota Bengkulu The Application of Contextual Teaching and Learning ( Ctl ) Approach Through Cooperative Model Type Jigsaw To Improve Study". Prosiding Seminar Biologi, 11(1), 1100–1106.
  8. Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
  9. _____. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan kecerdasan antar peserta didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Kalsum, U. 2020. "Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia". Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(20), 145–164.
  11. Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Depok: Rajagrafindo Persada.
  12. Melivicasari, D., Sikumbang, D., & Marpaung, R. R. T. 2020. "Pengaruh Model Kooperatif Jigsaw Berbantu Media Permainan Kartu Berpasangan Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar". Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(1), 88–99.
  13. Perkins, D. 2001. Smart School Better Thinking And Learning For Every Child. New York: The Free Press.
  14. Rohmaniar, Jalmo, T., & Rini Rita T. Marpaung. 2015. "Pengaruh Penggunaan Model Jigsaw Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa". Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 3, 1–13.
  15. Sari, I. F., Achmad, A., & Marpaung, R. R. T. 2015. "Efektivitas Penggunaan Model Jigsaw Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa". Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, Vol 3, No.
  16. Seniwati. 2017. "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar, Keaktifan Dan Kompetensi Siswa Di Kelas Xii Ipa 2 Sma Negeri 1 Bontonompo". Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2), 111–120.
  17. Suhardi. 2012. Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: Uny Press.
  18. Susianto, D. 2011. "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Perilaku Sosial Danprestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri Jumapolo Karangayer Tahun Pelajaran 2006/2007". Prosiding. Seminar Nasional Pembelajaran Geografi.
  19. Tharikh, A. Jusman, & Syam, A. 2017. "Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Maiwa". Utile: Jurnal Kependidikan, 84–94.
  20. Yassir, M. 2017. "Model Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan". Biotik: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 3(2), 138.