Pelatihan Penyusunan Asesmen Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Salah satu bagian penting dalam proses belajar mengajar adalah asesmen. Penerapan kurikulum merdeka di satuan pendidikan secara langsung berpengaruh pada proses asesmen pada kegiatan belajar mengajar. Program studi Pendidikan Matematika UHAMKA aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggelar workshop penyusunan asesmen kurikulum merdeka di SMPN 79 Jakarta. Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 33 peserta ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta mengenai berbagai jenis asesmen dalam kurikulum merdeka. Evaluasi kepuasan peserta menunjukkan hasil yang sangat baik, dengan mayoritas peserta merasa sangat puas terhadap keseluruhan aspek pelatihan (69%), termasuk materi (44%), metode penyampaian (56%), dan manfaat yang diperoleh (69%).
References
Antika, W., Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. (2023). Analisis Asesmen Diagnostik Pada Model Pembelajaran Project Based Learning di Kurikulum Merdeka SMPN 3 Sine. Pedagogy, 8(1), 253.
Ardiansyah, Mawaddah, F. S., & Juanda. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/361%0Ahttps://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/download/361/297
Darwin, D., Boeriswati, E., & Murtadho, F. (2023). Asesmen Pembelajaran Bahasa Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Sma. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(2), 25. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8639
Haerazi, H., Rahman, A., Irawan, L. A., Jupri, J., Jumadil, J., Arrafii, M. A., & Wahyudiantari, N. W. P. (2023). Pelaksanaan Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMP Negeri dan SMA Negeri: Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Kab. Lombok Tengah. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(2), 487–497. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i2.1211
Hasmawati, H., & Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 197–211. https://doi.org/10.31004/ijim.v1i3.20
Lestari, I. D., Yahya, F., Suryani, E., Aini, R. Q., & Asriyanti, S. (2023). Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 22–26. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index
Maisyaroh, I., Abdullah, M., & Hadi, M. N. (2023). Model Asesmen Sumatif dengan Menggunakan Metode Library Research untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Kurikulum Merdeka. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 274–287. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1063
Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019
Nasution, S. W. (2023). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 4(3), 135–142. https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i3.16853
Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
Nur, I. R. D., Yuliani, A., Sopiany, H. N., & Sugiono, D. (2023). Workshop Pembuatan Asesmen Numerasi Dalam Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. J_ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 207–214. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS
Rilastiyo Budi, D., Melasarianti, L., Deri Listiandi, A., Widyaningsih, R., Mariasari, S., & Joko Nurcahyo, P. (2022). Pelatihan Implementasi Asesmen pada Kurikulum Merdeka bagi Guru SMAN 3 Purwokerto. Journal Berkarya Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 103–110.
Sarah, S. (2023). Pembelajaran Pada Asesmen Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka. Snhrp, 5, 2133–2139.
Sayekti, S. P. (2022). Systematic Literature Review: Pengembangan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.21
Utari, A. R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2023). Pemahaman Guru Matematika terhadap Asesmen Nasional pada Kurikulum Merdeka Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 433. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.12876
Yulianto, H., & Iryani, I. (2023). Pendampingan Asesmen Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada SMAN 13 Takalar. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 488. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1769