PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS ONE VILLAGE ONE PRODUCT; JASUCI SEBAGAI PRODUK UNGGULAN CISANTANA DALAM MENCIPTAKAN ENTERPRENEUR BERBASIS POTENSI DESA

Neni Nurhayati

Abstract


Its strategic location with abundant natural potential and supported by relatively cool temperatures makes Cisantana Village a tourism area that offers natural beauty. This potential should be an opportunity for the local community to obtain economic benefits in the form of a potential source of income for the welfare of the local community. However, unfortunately, this potential has not been optimally empowered by the local community. This is evident from the lack of economy in Cisantana Village in the field of home industry. One Village One Product (OVOP) is here to be able to answer the problems that Cisantana Village and other villages have in order to be able to develop regional potential into a superior regional product while still paying attention to its distinctive characteristics and potential. The purpose of this community service implementation is to provide understanding, knowledge and insight regarding the optimization of superior village products to be used as a source of income for the local community. The service methods used are lectures, workshops, practice, and activity evaluation. The result of this community service is the development of superior village products (OVOP) in the form of processed ginger products called Jasuci (Cisantana milk ginger). This product is expected to become an icon of Cisantana Village and be accepted by the wider community.

Letaknya yang sangat strategis dengan potensi alam yang melimpah dan didukung suhunya yang relatif sejuk menjadikan Desa Cisantana menjadi kawasan pariwisata yang menawarkan keindahan alam. Potensi ini seharusnya menjadikan sebuah peluang untuk masyarakat setempat memperoleh manfaat ekonomi berupa potensi sumber pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat setempat. Namun sayangnya, potensi-potensi  yang dimiliki ini belum optimal diberdayakan masyarakat setempat. Hal tersebut terbukti dari perekonomian Desa Cisantana dalam bidang home industry masih terbilang kurang. One Village One Product  (OVOP) hadir untuk dapat menjawab permasalahan yang dimiliki Desa Cisantana juga desa lainnya untuk dapat mengembangkan potensi daerah menjadi sebuah produk unggulan daerahnya dengan tetap memperhatikan ciri khas juga potensi yang dimiliki. Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan wawasan mengenai optimalisasi produk unggulan desa untuk dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat setempat. Metode pengabdian yang digunakan yaitu ceramah, workshop, praktik, dan evaluasi kegiatan. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini berupa pengembangan produk unggulan desa (OVOP) berupa produk olahan jahe yang disebut dengan Jasuci (jahe susu Cisantana). Produk ini diharapkan bisa menjadi ikon Desa Cisantana dan dapat diterima oleh masyarakat luas.


 

Full Text:

PDF

References


Alma Buchari.2018. Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Anak Suryo. 2007. Akuntansi Untuk UKM, Metode akuntansi Praktis dan sederhana untuk Usaha Kecil dan Menengah, Media Pressindo.D Made Dharmawati. 2016. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Fauziah, dkk. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi Untuk Mempromosikan Produk-Produk Unggulan Desa Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 03 Nomor 01.2020.67-73

Kasmir. Kewirausahaan. PT. Raja Grafindo Perkasa. Jakarta

LPPM. 2019. Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Kuningan

Rusdiana.2013. Kewirausahaan Teori & Praktik. Bandung: Pustaka Setia.

Sukirno, Sadono. 2006. Ekonomi Pembangunan Edisi Kedua. Kencana. Jakarta

Wennekers, Sander, and Roy Thurik. 1999. Linking Entrepreneurship and Economic Growth. Small Business Economics.

Toto Supartono, dkk. Pemberdayaan Kelompok Penggiat Pariwisata Bumi Perkemahan Pasir Batang Dalam Pemanfaatan Limbah Sayuran Sebagai Pupuk Organik Cair, Desa Karangsari, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 02.Nomor 02.2019.74-82

Wennekers, Sander, and Roy Thurik. 1999. Linking Entrepreneurship and Economic Growth. Small Business Economics.




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v3i02.3869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : empowerment@uniku.ac.id

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0