Creative Packaging sebagai upaya Peningkatan Daya Saing Pedagang Laklak Bali di Pasar Ketapian Sumerta

Anak Agung Sagung Mirah Oktaviani, I Wayan Sukadana

Abstract


 

 Pasar Ketapian Sumerta memiliki pedagang Jajanan khas Bali yaitu Laklak Bali. Laklak Bali memiliki unsur budaya leluhur Bali yang tinggi serta cita rasa yang sangat nikmat. Hal ini berbanding terbalik dengan keadaan pedagang Laklak Bali di Pasar Ketapian Sumerta yang kurang memiliki daya saing dalam memasarkan produknya melalui sebuah packaging yang kreatif. 2Maka dari itu pengabdian ini bertujuan untuk membantu memfasilitasi serta memberi pedoman pedagang Laklak Bali di Pasar Ketapian Sumerta dalam mengembangkan creative packaging serta daya saing pedagang Jajan Bali Pasar Ketapian Sumerta . Dalam pengabdian ini dilakukan metode observasi dan perencanaan, perancangan, serta implementasi. Setelah implementasi penggunaan creative packaging, pedagang Laklak Bali sudah mampu mencapai rata-rata peningkatan pendapatan Rp 50.000 hingga Rp 150.000 dari biasanya, serta para pedagang lebih mudah branding ke sosial media masing-masing melalui creative packaging yang telah digunakan. Melalui creative packaging, pedagang tradisional Laklak Bali mampu meningkatkan daya saingnya, sehingga memperoleh keuntungan yang lebih tinggi.


Keywords


Daya saing; Kemasan; Pedagang Laklak

Full Text:

PDF

References


D. T. Kurniawan, Dkk. 2018. “Pelatihan Dan Pendampingan Umkm Di Desa Gajahrejo Dalam Pembuatan Desain Kemasan Inovatif Oleh-Oleh Khas Malang Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Di Desa Gajahrejo Terletak Di Kecamatan Berbatasan Langsung Dengan Samudra Hindia Sehingga Memiliki Kawasa,” Vol. 3, No. April, 2021.

Y.Suherlan, “Model Balai Pengembangan Kemasan Ramah Lingkungan Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal Umkm Pangan Olahan Menghadapi Pasar Global,” No. D, Pp. 290–301, 2018.

A. Widiati, “Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di ‘Mas Pack’ Terminal Kemasan Pontianak,” J. Audit Dan Akunt. Fak. Ekon. Dan Bisnis Univ. Tanjungpura, Vol. 8, No. 2, Pp. 67–76, 2019.

L. Pricilla, I. S. Octaviani, And A. Purnama, “Pelatihan Peningkatan Kualitas Kemasan Produk Kue Masyarakat Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang-Banten,” Vol. 1, No. 3, Pp. 120–125, 2020.

D. Balik, J. Tuhuteru, C. N. Joseph, F. Ekonomi, U. Kristen, And I. Maluku, “Implementasi Packaging Strategy Guna Meningkatkan,” Vol. 1, No. 1, Pp. 11–17, 2020.

Nastain, Muhamad. “Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk).”Vol.5, No.1,Pp 14-26. 2017.

Lumanauw, Nelsey. “Pengembangan Makanan Tradisional Bali Pada Pasar Malam Di Pasar Sindu, Sanur, Bali”. Vol. 9, No. 1, Pp. 83–92, 2018.

Stevian, Wendy Dan Chici Astria. 2019. “Desain Cofee Cup Dan Paper Meal Box Beskabean Cofee Roarster.” Laporan Tugas Akhir. Palembang : Politeknik Palcometch.

Damayanti, Kristiana Asih, Dkk. “Merancang Kemasan Untuk Meningkatkan Produk Pada Umkm Binaan Kadin Kota Bandung. Pp. 1–28, 2018.

M. E. Apriyanti, “Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan,” Sosio E-Kons, Vol. 10, No. 1, P. 20, 2018, Doi: 10.30998/Sosioekons.V10i1.2223.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i01.4186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0