Penggunaan E-Commerce dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bambu di Desa Kerobokan

  • Ni Putu Santa Oktaviani Universitas Pendidikan Nasional
  • Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani Universitas Pendidikan Nasional
  • A.A.Ngr.Eddy Supriyadinata Gorda Universitas Pendidikan Nasional
Keywords: Perkembangan, UMKM, e-Commerce.

Abstract

Masih banyak UMKM yang merasa awam dengan adanya e-commrce yang dimana masih terdapat banyak UMKM yang melakukan trsansksi dengan cara manual. Munculnya e-commerce saat ini sangat berdampak positif bagi UMKM yang sangat membantu dalam menunjang promosi serta penjualan yang efektif dan efisien.Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah adanya sosialisai e-commerce dan media sosial dalam melakukan promosi dan penjualan, UMKM juga diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatifnya dalam melakuakan produksi Bambu yang dimana dapat mengikuti tren yang ada saat ini, agar jumlah penjualan dapat ditingkatkan. Teknik pengumpulan data pada kegiatan pengabdian msyarakat ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun keuntungan yang didapatkan dari penggunaan e-commrce dalam melakukan penjualan adalah mempermudah UMKM dalam mengaksesnya, hanya dengan menggunakan ponsel dan sangat berorientasi sosial, serta berbagi foto dan video serta dapat menambahkan deskripsi produk yang menarik agar diminati oleh para komsumen. Diharapkan adanya e-commerce dan media sosial, mampu menunjang promosi dan penjualan yang lebih baik lagi kedepannya. Sehingga kedepannya mampu merambah ke pasar yang lebih luas.

References

Darnis, F., Azdy, R. A., Stmik,), & Rahmat, P. J. B. (2019). Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado. Sindimas, 29(1), 275–278. http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sindimas/article/view/584

Dewi Irmawati, “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis”, Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375 Edisi Ke-Vi, November 2011, h. 104.

Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.603

Harto, B, Komalasari, R. (2020). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing Untuk SME Little Rose Bandung. Empowerment in the Community, 1(1), 1-6.

Intan Kusumawathi Nikara, I. A. G., & Mimba, N. P. S. H. (2019). Pengaruh Love of Money, Machiavellian, Idealisme dan Religiusitas pada Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 26, 536.

Kala'lembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(1), 54-65.

Risnawati, N. (2018). Profil UMK, permasalahan dan upaya pemberdayaannya di Kabupaten Sumedang. Coopetition, 9(1), 13-29.

Tadjuddin, T., & Mayasari, N. (2019). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Palopo. Dinamis: Journal of Islamic Management and Bussiness, 2(1).

Published
2022-04-19
Section
Articles