Video Pembelajaran Bahasa Inggris Jarak Jauh bagi Anak Asuh di Yayasan Inspirasi Bumi Ilmu

Yessy Purnamasari, Zewitra Zewitra, Krisna Yudha Bakhti, Mohammad Febryanto

Abstract


Pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia sejak awal 2020 tidak menyurutkan semangat tim PKM dari Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Bandung untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan berbagi ilmu untuk para anak asuh di Yayasan Inspirasi Bumi Ilmu, Bogor. Pemanfaatan video dalam pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu solusi agar anak asuh tetap mendapat kesempatan yang sama untuk mendapatkan ilmu. Melalui media Canva, tim dosen berupaya membuat materi Bahasa Inggris level beginner yang tidak hanya menarik namun juga interaktif agar pembelajaran tidak terasa membosankan. Pelaksanaan PKM ini dilaksanakan mulai dari awal Januari 2021 hingga November 2021 dengan rincian kegiatan: persiapan selama satu bulan, penyampaian materi selama 10 bulan, dan penyusunan laporan selama satu bulan. Ada 10 (sepuluh) materi dasar dalam Bahasa Inggris yang diajarkan melalui video, diantaranya pengenalan angka, hari, bulan, dan anggota tubuh dalam Bahasa Inggris. Selain itu, melalui kerjasama yang baik dengan pengelola yayasan, para anak asuh juga diajak untuk mampu menunjukkan rasa percaya dirinya melalui serangkaian kegiatan latihan dan juga role-play yang dikemas dalam suasana menyenangkan. Setiap videonya disampaikan kepada pengurus yayasan melalui tautan yang dibagikan melalui Whatsapp setiap bulan dan pengurus juga menjadi mediator yang baik agar materi dari tim dosen dapat dipahami dengan baik oleh para anak asuh. Selama pelaksanaan, ada beberapa hambatan yang dialami oleh tim dosen. Pertama, pembuatan materi tematik dilakukan ditengah padatnya jadwal mengajar dan kegiatan administratif. Kedua, penentuan target peserta didik yang cukup sulit karena bervariasinya level pendidikan para anak asuh mulai dari sekolah dasar hingga menengah atas. Ketiga, minimnya kegiatan evaluasi dikarenakan keterbatasan waktu dan jarak.

 


Keywords


Canva; Video Pembelajaran; Anak Asuh; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Seaman, J. E., Allen, I. E., & Seaman, J. (2018). Grade Increase : Tracking Distance Education in the United States. Pearson.

Syafnidawaty. (2020). Apa Itu Pembelajaran Jarak Jauh? Universitas Raharja. https://raharja.ac.id/2020/11/17/apa-itu-pembelajaran-jarak-jauh/

Yundayani, A., Susilawati, & Chairunnisa. (2019). Investigating the effect of Canva on students’ writing skills. Journal of English Education, 7(2), 169–176. https://doi.org/10.25134/erjee.v7i2.1800.Received




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v5i01.5035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0