Pelatihan Income Generating terhadap Kelompok Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga di Desa Karangtawang Kuningan

Oktaviani Rita Puspasari

Abstract


The Covid19 pandemic caused a downturn in the economic sector, although the pandemic conditions have even been running for three years. The number of layoff cases, and the difficulty of the community maintaining business in an open environment due to the enactment of Restrictions on Community Activities (PPKM) which is still being carried out by the government to prevent an increase in the number of Covid19 cases in Indonesia.  Therefore, a solution is needed to be able to strengthen the economic sector that needs support from various parties.  In this case the people's economic sector starts from the family, the increase in family income will be able to strengthen the economic sector.  Efforts to strengthen the family economic sector can be done if the whole community also has understanding and expertise in efforts to earn income.  UP2K PKK is targeted because the focus of their activities is in accordance with the objectives in order to strengthen the family economic sector. Up2K PKK joint activities are expected to motivate group members to be able to start businesses and develop businesses for those who already have businesses.  Devotional activities carried out using socialization methods in motivating housewives to start trying to do business and develop businesses that have been run by having certain business achievement targets are expected to foster a more spirit in realizing it. Coupled with the training and mentoring in business management is expected, especially for participants who already have a business will be better able to organize efforts for better development, along with solutions sought together with the devotion team to the obstacles they have faced.  

 

Keywords: Income generating, UP2K PKK

 

Abstrak

 

Pandemi Covid19 mengakibatkan keterpurukan dalam sektor perekonomian, meskipun kondisi pandemik ini bahkan sudah berjalan selama tiga tahun. Banyaknya kasus PHK, dan sulitnya masyarakat mempertahankan usaha dilingkungan terbuka dikarenakan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih terus dilakukan pemerintah untuk mencegah peningkatan jumlah kasus Covid19 di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu solusi untuk dapat menguatkan sektor perekonomian yang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.  Dalam hal ini sektor ekonomi rakyat dimulai dari keluarga,  peningkatan pendapatan keluarga akan dapat menguatkan sektor perekonomian.  Upaya penguatan sektor ekonomi keluarga dapat dilakukan apabila seluruh masyarakat juga memiliki pemahaman dan keahlian dalam upaya memperoleh penghasilan.  UP2K PKK dibidik karena fokus dari kegiatan mereka sesuai dengan tujuan dalam rangka penguatan sektor ekonomi keluarga. Kegiatan bersama UP2K PKK diharapkan akan dapat memotivasi anggota kelompok untuk dapat memulai usaha serta mengembangkan usaha untuk yang sudah memiliki usaha.  Kegiatan pengabdian yang dilakukan dengan menggunakan metode sosialisasi dalam memotivasi ibu rumah tangga untuk mulai mencoba melakukan usaha maupun mengembangkan usaha yang sudah dijalankan dengan mempunyai target capaian bisnis tertentu diharapkan dapat menumbuhkan semangat yang lebih dalam mewujudkan nya.  Ditambah dengan adanya pelatihan dan pendampingan dalam pengelolaan bisnis diharapkan khususnya untuk peserta yang sudah memiliki usaha akan lebih dapat menata usaha untuk perkembangan yang lebih baik, disertai solusi yang dicari bersama dengan tim pengabdian atas kendala yang selama ini mereka hadapi.

 

Kata Kunci : Income Generating, UP2K PKK.

 


References


Ikatan Akuntansi Indonesia.2012. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 45 Tentang Pelaporan Keuanagn Entitas Nirlaba. Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. (2020).

Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Pkm Internal Universitas Kuningan. Kuningan: Universitas Kuningan




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i03.5119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0