Peningkatkan Kapasitas SDM Pemuda Dusun Kebonan Yosowilangun Kidul melalui Pembentukan Organisasi Karang Taruna

Syarifatul Marwiyah, Fatimatur Rohma, Mohammad Dasuki

Abstract


Kemajuan suatu bangsa tergantung pada para pemuda generasinya. Begitu juga dengan prestasi pemuda yang dapat dikatakan sebagai prestasi bangsa. Oleh karena itu, perlu untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai karakter baik, sehingga para pemuda tidak mengalami pengangguran dan bisa menjadi generasi berprestasi dan kreatif. Apabila para pemuda bangsa banyak yang mengalami pengangguran, maka akan menyebabkan dampak buruk terhadap kondisi bangsa terutama bagi kehidupan di masa depan pemuda itu sendiri. Tujuan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan SDM serta mengurangi pengangguran para pemuda yang ada di Dusun Kebonan RT. 12 RW. 09 Yosowilangun Kidul. Tujuan lain organisasi ini yaitu terbentuknya semangat perjuangan para pemuda Karang Taruna yang berkepribadian, terampil, serta berpengetahuan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode EBR (Empowerment-Based Research) yakni Pemberdayaan Berbasis Riset. Dalam pendekatan EBR ini terdapat langkah-langkah di dalamnya yaitu ECA-EVARED (Exploration, Creat and Action, Evaluation, dan Report and Dissemination). Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah kegiatan organisasi Karang Taruna menjadikan para pemuda tidak lagi pengangguran dan tentunya ada aktivitas di setiap harinya yang bermanfaat, serta menumbuhkembangkan SDM para pemuda Dusun Kebonan. Serta dengan adanya organisasi Karang Taruna, para pemuda akan lebih aktif dalam beraktivitas dengan mengikuti semua kegiatan yang sudah ditentukan dalam program kerja organisasi Karang Taruna.


Keywords


Organisasi Karang Taruna; Pembentukan Organisasi; Karang Taruna; Pemuda; Pengangguran

Full Text:

PDF

References


Azizah, S. N., Purnomo, A., & Sukamto, S. (2020). Interaksi Anggota Karang Taruna Bhakti Pertiwi Dalam Pengembangan Wisata Andeman Boonpring di Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 9(2), 230-240.

Crisandye, Y. F. (2018). Peran Karang Taruna dalam Pengembangan Kreativitas Remaja (Studi Kasus Di Karang Taruna Remaja Kita RW 14 Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan). Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 94-100.

Khaldun, R. (2016). Pemberdayaan (pemuda) karang taruna dalam meningkatkan dan menumbuhkan minat bisnis kreatif di Desa Giri Madia Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 12(2), 168-185.

Merang, K. R. I., & Robert, R. (2019). Peran Pemuda Karang Taruna Bunga Bakung Dalam Pembangunan Di Desa Metun Sajau Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara. Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN), 7(1).

Nur, M., & Seran, M. S. (2020). Pendampingan Pembentukan Organisasi Pemuda Karang Taruna Desa Seo. Bakti Cendana, 3(2), 105-111.

Pritandhari, M., & Wibawa, F. A. (2021). Pelatihan Desain Grafis Coreldraw Meningkatkan Kreativitas Karang Taruna Pemuda Mandiri Kelurahan Rejomulyo. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 33-41.

Ramadhan, M. A. (2018). Upaya Peningkatan Kinerja SDM Pada Organisasi Pemuda Internasional (AIESEC UNJ). Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(2), 16-25.

Sri Wahyuni. (2021). Pengaruh Pengangguran Terbuka Terdidik Universitas Terhadap Garis Kemiskinan di Provinsi Aceh. (Jurnal Ekonomika Universitas Almuslim Bireuen-Aceh).

Sukirno,S. (2008). Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Bima Grafika.

Suradi, S. (2019). Karang taruna, agen perubahan dan pengembangan masyarakat di pandeglang. Sosio Konsepsia, 8(3), 241-254.

Suryadi, D. (2012). Pentingnya Visi Dan Misi Dalam Mengelola Suatu Usaha. Jurnal Asy-Syukriyyah, 9(1), 17-35.

Syifa’ani, H., Hendrawijaya, A. T., & Ariefianto, L. (2020). Dampak Pembinaan Karang Taruna Dengan Model Transformative Learning Terhadap Keberdayaan Pemuda Di Karang Taruna Hasta Jaya Kabupaten Jember. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 18-22.

Waluya, B. (2009). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Berbasis Masyarakat untuk Mengatasi Masalah Pengangguran. Jurnal Geografi GEA, 9(1).

Widiastuti, N. (2018). Peran Tokoh Pemuda Dalam Meningkatkan Partisipasi Karang Taruna Di Desa Nanjung Margaasih. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 94-104.

Wijaya, P. A., Suprihanto, J., & Riyono, B. (2020). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran dan Urbanisasi Pemuda di Desa Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 117-129.




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v5i03.5393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0