Pemberdayaan Pengusaha UMKM Perempuan melalui Media Digital dalam Usaha Makanan

Wilona Ariella Yahya, Albert Hasudungan, Vanessa Nathania, Stefanie Putri Limantara, Michael Lie, Callista Susanto, Christopher Kurnia Tjong, Wiradharma ., Sheilanie Thian

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat yang kami lakukan ini adalah untuk memberikan pendampingan, melatih serta meningkatkan kemampuan para pengusaha di daerah Kuningan terutama bagi para pengusaha perempuan. Pendampingan pengembangan kewirausahaan ini dilakukan kepada mitra secara bertahap dimulai dari pendampingan pada aspek keuangan, aspek operasional, dan aspek pemasaran. Dengan segala keterbatasan yang terjadi akibat pandemi covid 19, seluruh kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendampingan kewirausahaan ini sepenuhnya dilakukan dengan menggunakan media online. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pengembangan kewirausahaan ini dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pengusaha perempuan dalam mengelola usahanya terutama dalam aspek keuangan, aspek operasional, dan aspek pemasaran . Kemudian diharapkan juga para pengusaha perempuan ini dapat meningkatkan penghasilannya dan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan. 


Keywords


pengusaha perempuan;kewirausahaan;aspek wirausaha

Full Text:

PDF

References


Desiani, A. (2020). Pemanfaatan Ms.Excel untuk Pembukuan Keuangan UMKM Desa Bangsal Kecamatan Pampangan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 224–230. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4464

Galankashi, M., & Rafiei, F. (2021). Financial performance measurement of supply chains: a review. International Journal of Productivity and Performance Management, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/IJPPM-11-2019-0533

Hidayah, N. (2018). Analisis Strategi Digital Marketing dalam Membantu Penjualan Living Space Dan Efo Store [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10007

Kotler, P., & Keller, K. (2018). Marketing Management, Global Edition (15th ed.). Pearson education.

Kuningan, P. D. (2020). Website Resmi Pemerintah Kabupaten Kuningan. https://www.kuningankab.go.id/

Lanang, I. P. E. S., Kirya, I. K., & Cipta, I. W. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Bangli. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 11–21.

Lim, M., Permana, L., Hongo, V., Kiandra, K., Nabasa, K., & Hasudungan, A. (2021). The Roles and Capabilities of Formal, Non-Formal, and Informal Institutions in Shaping Education Access in Cigugur Sub-district, West Java, Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) Humanities and Social Sciences, 4(1), 696–708.

Nurhayati, N., Suhendar, D., & Purnama, D. (2021). Pelatihan optimasi digital melalui media sosial sebagai kiat bertahan di masa pandemi bagi kelompok UP2K Desa Sembawa Kecamatan Jalaksana. Empowerment, 4(3), 298–303. https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/article/view/5176/2953

Pemerintah Daerah Kuningan. (n.d.). Website Resmi Pemerintah Kabupaten Kuningan. Retrieved January 8, 2020, from https://www.kuningankab.go.id/

Robinson, M., & Lock, S. (2016). Introducing the Business Model Canvas (January 2016). http://culturehive.co.uk/wp-content/uploads/2016/01/Introducing-the-Business-Model-Canvas.pdf

Saraswati, E., Rizqiyah, R., & Randikaparsa, I. (2021). Peranan sistem informasi akuntansi terhadap perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah “Rumah Kreatif BUMN” Purbalingga. Empowerment, 4(1), 26–33. https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/article/view/4044/2509

Secor, A. (2010). social surveys, interviews, and focus groups. In B. Gomez & J. P. Jones III (Eds.), Research methods in geography: a critical introduction (Vol. 6). John Wiley & Sons. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=gGU0wV9bUQgC&oi=fnd&pg=PR8&dq=research+methods+in+geography:+a+critical+introduction+&ots=k-9vCzs4f3&sig=fzEfk6Hxa7sHkR7yqTrtXixAWUM

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business. John Wiley & Sons.

Theodora, D., Djohan, S., Abdurrahman, A., Rozali, L., Putranto, P., & Hasudungan, A. (2021). Pemberdayaan Aspek Pemasaran, Pembukuan, dan Operasional pada Usaha Kremes Ubi Ibu Atim di Desa Sukatani Melalui Pendekatan Business Model Canvas. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 60–74. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.8465




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v7i01.6217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0