Workshop Manajemen Sekolah Berbasis Akreditasi Berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 di SMK Katolik Kefamenanu

Joni Soleman Nalenan, Yanuarius Seran

Abstract


Since 2019, BAN S/M has been applying Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 (IASP 2020) that has more complex assessing system than the previous accreditation guideline. The implementation of IASP 2020 will impact on SMK Katolik Kefamananu accreditation result. School management of SMK Katolik based on IASP 2020 was not maximal. This community service was conducted to provide an optimal understanding and assistance related to IASP 2020. The method applied in this community service, namely preparation, action, and evaluation. The result showed that there were some items have been conducted in real action, however not documented effectively. Those items were item 1, 2, 4, 6, 9, 10, 11, 16, 20, 21, and 23.

 

Sejak tahun 2019, BAN S/M telah menerapkan IASP 2020 yang sistem penilaiannya lebih kompleks dari pedoman akreditasi sebelumnya. Penerapan IASP 2020 akan berdampak pada nilai akreditasi SMK Katolik Kefamenanu. Manajemen sekolah pada SMK Katolik berbasis IASP 2020 belum maksimal. Pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan pendampingan yang optimal terkait instrument penilaian IASP 2020. Tahapan metode yang diterapkan dalam pengabdian ini, yakni tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pengabdian menujukkan bahwa terdapat beberapa butir yang secara konkret sudah dilakasanakan kegiatannya namun tidak terdokumentasikan secara baik. Butir-butir yang dimaksud adalah butir 1, 2, 4, 6, 9, 10, 11, 16, 20, 21, dan 23.


Keywords


Manajemen Sekolah, Akreditasi, IASP 2020

Full Text:

PDF

References


Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi sekolah sebagai suatu upaya penjaminan mutu pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Malik, dkk. (2020). Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Stevany, S., Sujanto, B., & Ahmad, M. (2020). Manajemen Sekolah Berbasis Partisipasi dalam Rangka Akreditasi Sekolah. Visipena, 11(1), 77-98.

Sukirman, S., & Priambodo, P. (2021). Pelatihan Sistem Akreditasi Sekolah Berbasis IASP 2020 di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan 3(1), 1219-1228.

Utiarahman, P. (2017). Manajemen Program Akreditasi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kabupaten Boalemo. Jurnal Pascasarjana, 2(1).

Zaelani, M., & Nuraeni, H.A. (2022). Implementasi IASP 2020 Guna Membangun Budaya Mutu di SD Muhammadiyah 3 Parung Serab. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(11), 2993-2998.




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v6i01.6798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0