Pelatihan Pembukuan Sederhana, Pengelolaan Keuangan dan Kewirausahaan pada Anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Husnul Khotimah Bandung

Hana Fadhilah

Abstract


Kondisi ekonomi global termasuk perekonomian Indonesia telah mengalami kontraksi akibat pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil survei KemenKopUKM pada Juli 2020, turbulensi ekonomi tersebut juga memberikan dampak bagi koperasi. Kelompok usaha koperasi yang paling terkena dampak pandemi adalah Koperasi Simpan Pinjam, yaitu salah satunya adalah KSP Husnul Khotimah Bandung. Selama tahun 2021, kinerja keuangan KSP Husnul Khotimah mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena beberapa anggota koperasi telah di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan diberhentikan sementara kegiatan usahanya. Akibatnya, penghasilan anggota koperasi menjadi menurun sehingga berdampak pada keterlambatan pembayaran cicilan, bahkan hingga terjadi kredit macet. Solusi yang akan pengabdi berikan atas permasalahan tersebut, yaitu pengabdi akan memberikan pelatihan pembukuan sederhana dan pengelolaan keuangan dengan berbasis teknologi informasi, seperti menggunakan aplikasi Money Lover dan Keuangan Keluargaku. Selanjutnya, pengabdi juga akan memberikan pengarahan bagaimana cara membangun usaha mikro baru serta strategi apa saja yang harus diterapkan agar usaha tersebut dapat berjalan dengan lancar.


Keywords


Kewirausahaan; Pembukuan Sederhana; Pengelolaan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Asyifa, Ziana dkk. (2019). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha (Studi pada Usaha Mikro di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Universitas Negeri Makassar.

Bank CIMB Niaga. (2021). Cara Mengelola Keuangan yang Efektif Selama Masa Pandemi. (www.cimbniaga.co.id).

Gie. (2020). Manajemen Keuangan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip, dan Tips Pengelolaannya. (www.accurate.id).

Hernawati, Nopi dkk. (2019). Pengaruh Pengetahuan Laporan Keuangan terhadap Kinerja UMKM Tahu Cibuntu. Kajian Akuntansi Universitas Islam Bandung, Volume 20, No.2, September 2019.

KemenKopUKM. (2021). Pandemi Covid-19 Menjadi Momentum Transformasi Koperasi ke Ekonomi Digital. (www.kemenkopukm.go.id).

Nadazera, Nabila. (2021). Tak Usah Pusing Lagi, Ini Cara Sederhana Atur Keuangan Pribadi. (www.merdeka.com).

Pohan, Safriadi dan Hutabarat, Ismael. (2018). Pengaruh Manajemen Keuangan terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Volume 1, No.1, Januari 2018.

Rahayu, Ning. (2018). 7 Hal Ini Bisa Tumbuhkan Jiwa Entrepreneurship. (www.wartaekonomi.co.id).

Sholihin, Ahmad Ifham. (2013). Buku Pintar Ekonomi Syariah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Peraturan Nomor 06/Per/Dep.6/IV/2016 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian.

Zimmerer, Thomas W and Scarborough, Norman S. (2010). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. United States : Pearson Prentice Hall.




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v6i01.6853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0