Pengembangan dan Pemasaran Online Usaha Rengginang Afil di Desa Kumpai Batu Bawah

Putri Ayi Winarsasi

Abstract


Pada era new normal yang sedang berlangsung saat ini akibat adanya virus Covid-19 yang melanda dunia maka banyak sekali kegiatan yang beberapa tahun ke belakang tidak berjalan dengan baik salah satunya adalah kegiatan berusaha. Hal ini juga berlaku di daerah Desa Kumpai Batu Bawah Kalimantan Tengah yang dimana usaha rengginang menjadi satu-satunya usaha yang ada di Desa tersebut. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu mengembangkan usaha rengginang salah satu warga milik ibu Jariyah dan bapak Jaelani agar semakin dikenal oleh masyarakat luas dan menghasilkan keuntungan yang lebih. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui KKN (Kuliah Kerja Nyata) dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus melalui ilmu yang dimiliki dan diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Pelaksanaan kegiatan ini terbagi menjadi 5 bagian yaitu survey, persiapan, pelaksanaan, publikasi dan evaluasi yang dilakukan selama 8 minggu dengan program kerja pendaftaran NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha), pendaftaran PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), pembuatan logo, pendaftaran hak cipta logo, pembuatan akun media sosial berupa Instagram, pemasaran secara online dan offline dan pendaftaran BPOM. Pendapatan penjualan Usaha Kecil Menengah (UKM) Rengginang Afil memang selalu meningkat tiap tahunnya, tetapi pada tahun 2012 penjualan Rengginang Afil per unit Usaha Kecil Menengah (UKM) Rengginang Afil menurun. Hal ini mungkin dikarenakan adanya: Faktor internal berupa penurunan promosi penjualan, penurunan komisi penjualan, turunnya kegiatan salesman dan turunnya jumlah distribusi. Kemudian faktor eksternal berupa bencana alam, perubahan pola konsumen dan munculnya saingan baru.   


Keywords


Pengembangan, pemasaran, usaha online, rengginang afil

Full Text:

PDF

References


David. (2004). Manajemen Strategi Konsep. Salemba Empat.

Fandy Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. ANDI.

Feni Dwi Anggraeni, Imam Hardjanto, & Ainul Hayat. (2020). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(6), 1286–1295. https://media.neliti.com/media/publications/75851-ID-pengembangan-usaha-mikro-kecil-dan-menen.pdf

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1997). Kemendikbud RI. Balai Pustaka.

Kementerian Keuangan RI. (2020). New Normal di Tengah Pandemi Covid-19. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-sidempuan/baca-artikel/13169/New-Normal-di-Tengah-Pandemi-Covid-19.html

Kroenke, D. M., & Suryadi Saat. (2005). Database Processing : Dasar-Dasar, Desain, Dan Implementasi jilid 1. Erlangga. https://library.unismuh.ac.id/opac/detail-opac?id=8846

Nugroho, A. (Atmoko), Daru, A. F. (April), & Adhiwibowo, W. (Whisnumurti). (2014). Pengembangan Pemasaran Online Usaha Kerajinan Enceng Gondok Dan Pandan Di Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Jurnal Transformatika Universitas Semarang, 12(1), 19–23. https://doi.org/10.26623/TRANSFORMATIKA.V12I1.87

Nugroho, A., Daru, A. F., & Adhiwibowo, W. (2014). Pengembangan Pemasaran Online Usaha Kerajinan Enceng Gondok dan Pandan di Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Jurnal Transformatika, 12(1), 19–23. https://doi.org/10.26623/TRANSFORMATIKA.V12I1.87

Rafi’udin, & Manna Abdul Djaliel. (1997). Prinsip dan Strategi Dakwah. Pustaka Setia.

Segarwati, Y., Fitrananda, C. A., Iqbal, M., & Rahiem, V. A. (2020). Pengembangan Pemasaran Online Untuk Pelaku Usaha di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 45–53. https://doi.org/10.30656/KA.V2I2.2066

Setiawati, I., Prihatiningsih, R., & Novandalina, A. (2016). Manajemen Dalam Pengembangan Proses Bisnis Dan Pemasaran Online Pada Usaha Mikro Tanaman Hydroponi. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1). https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/2093

Setyo Budiwitjacksono, G., Rachmawan, A. S., Yulianti, A. K., Putri, D. A., Desnata, F., Putra, R., Arhofa, G. A., Zumarnis, H., Dewi, I. L., Cahyani, M. I., Putri, N. S., & Rukmana, S. (2022). Pengembangan Pemasaran Online Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kewirausahaan Umkm Di Kelurahan Bongkaran. Patikala: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 332–341. https://doi.org/10.51574/PATIKALA.V1I4.463

Wida Kurniasih. (2022). Pengertian UMKM: Kriteria, Aturan, Peran dan Contoh - Gramedia Literasi. https://www.gramedia.com/literasi/umkm/

Yuniarti, E., Dasir, D., & Herudiansyah, G. (2020). Inovasi Produk Rengginang Desa Budi Mulyo Banyuasin Sumatera Selatan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1072–1084. https://doi.org/10.31764/JMM.V4I6.2723




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v6i02.7005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0