Pelayanan Prima (Service Excellence) dan Audit Manajemen untuk Mencapai Keunggulan Bersaing pada Klinik PKBI Bandung

Novi Kadarini Rahayu, Siska Willy

Abstract


West Java still has problems in aspects of family planning (KB). Because reproductive health service providers in West Java are still limited. Therefore in 1990 the West Java PKBI established the Integrated Family Planning House (WKBT) next to the West Java PKBI Office. This clinic was very famous in its time, when the government was intensively promoting family planning programs so PKBI Teratai Clinic received donations directly from the government. At present the government no longer finances the PKBI Clinic, so the PKBI Clinic must try hard to finance all of its operational activities through donations or donations. The methods of implementing the activities are excellent service training and management audits. So that partners can improve services to the community and their management to know what to do in dealing with the current situation. The conclusion in this service is that the level of understanding of excellent service and organizational management at the PKBI Clinic is still low due to a lack of adequate human resources in managing the organization and a lack of understanding of how to serve patients well

Jawa Barat masih mempunyai permasalahan dalam aspek Keluarga Berencana (KB). Karena pemyedia jasa layanan kesehatan reproduksi di Jawa Barat masih terbatas. Oleh karenanya pada tahun 1990 PKBI Jawa Barat mendirikan Wisma KB Terpadu (WKBT) di samping Kantor PKBI Jawa Barat. Klinik ini sangat terkenal pada masanya, yaitu pada saat pemerintah sedang gencarnya menggalakkan program KB sehingga Klinik Teratai PKBI mendapatkan donasi langsung dari pemerintah. Saat ini pemerintah tidak lagi membiayai Klinik PKBI, sehingga Klinik PKBI harus berusaha keras untuk membiayai semua kegiatan operasionalnya melalui donasi ataupun sumbangan. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu pelatihan pelayanan prima dan audit manajemen. Sehingga mitra bisa memperbaiki pelayanan kepada masyarakat dan manajemennya untuk mengetahui apa yang harus dilakukannya dalam menghadapi situasi saat ini. Simpulan dalam pengabdian ini, yaitu tingkat pemahaman pelayanan prima dan amanajemen organisasi pada Klinik PKBI masih rendah karena kurangnya SDM yang memadai dalam mengatur organisasi dan kurangnya pemahaman bagaimana melayani pasien dengan baik


Keywords


Audit Manajemen; Efektivitas; Efisiensi; Pelayanan Prima

Full Text:

PDF

References


A.M,Janisty Rosiana. 2012. Pemeriksaan Manajemen Terhadap Penjualan Kendaraan Bermotor Pada PT Astra Internasional Tbk - Daihatsu di Samarinda. Skripsi. Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Admin.2009. Pengertian Tujuan dan Manfaat Pelayanan Prima. Available Form: http://administrasidanmanajemen.blogspot.com/2009/01/pengertian-tujuan-dan-manfaat-pelayanan.html.

Agoes, S. 2013. Auditing: Petunjuk Peraktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik. Edisi Empat. Buku 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Ahmad, Jamaludin, 2011. Pelayanan Prima dalam Sistem Organisasi Rumah Sakit (Melayanai dengan Hati). Available Form:http://programbrsjhk2011umj.blogspot.com/2011/11/pelayanan-prima-dalam-sistem-organisasi.html. .

Angiparo, M. P, 2008. Audit Manajemen: Prosedur dan Implementasi, Cetakan Ketiga, Edisi Empat, Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Arbain, Muhammad Zusaq. 2011. Pemeriksaan Manajemen Terhadap Aspek Penjualan Pada PT Surya Timur Sakti Jatim di Samarinda. Skripsi. Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Asrimurti. 2013. Pelayanan Prima Dalam Konteks Pelayanan Publik. Available Form: http://arsimurti.blog.ugm.ac.id/2013/01/18/pelayanan-prima-dalam-konteks-pelayanan-publik/

Assauri, S. 2007. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Edisi I. Penerbit: PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Bates, K., Bates, H., & Johnston, R. (2003). Linking service to profit: The business case for service excellence. International Journal of Service Industry Management, 14(2), 173–183.

Bayangkara, IBK. 2010. Audit Manajemen: Prosedur dan Implementadi Management Audit, Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Hiddayatika, Yuliana Nur. 2013. Pemeriksaan Manajemen Terhadap Fungsi Penjualan Pada PT. Serba Mulia Auto di Samarinda. Skripsi. Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Idris, S., & Za, T. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme Dalam Konteks

Jimmy E. 2011.Pelayanan Prima (Excellent Service) di Rumah Sakit. Available Form:http://idibalikpapankaltim.blogspot.com/2011/09/pelayanan-prima-service-excellent-di.html

Journal of Bank Marketing, 33(7), 904–921. https://doi.org/10.1108/IJBM-10-2014- 0136

Kasali, Rhenald, Arman Hakim Nasution, Boyke R Purnomo, Heny Kuswanti, Asep Mulyana, Sonny Rustiadi, Isti Raafaldini dan Agustina Ciptarahayu. 2010. Modul Kewirausahaan untuk Program Strata 1. Rumah Perubahan. Jakarta.

Kasmir. 2005. Pemasaran Bank, Edisi 1 Buku 2. Prenada Media. Jakarta.

Khairani, Siti dan Lidya Waty Lioe. 2013. Audit Manajemen Fungsi PemasaranPada PT. Graha Mitra SukaramiPalembang, Jurnal Ilmiah STIE MDP.

Klavert, Lorry Priska. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Politeknik. Politeknik Negeri Manado Jurusan Administrasi Bisnis Program Studi Manajemen Bisnis, 15–17.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. PT Indeks. Jakarta.

Larreche, Boyd, Walker. 2000. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global, Jilid 1 Edisi 2. Erlangga. Jakarta. 18-20

Lisa Ford. 2003. How to Provide Gold Standart Customer Service. The Bullet Proff Manager Series. Crestcom Trainer to the world.

Marlina, L. (2016). Evaluasi Kualitas Pelayanan Proses Pembelajaran Di Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Raden Fatah Palembang. 1(2), 14.

Marpaung, Rany Uly B R. 2009.Pemeriksaan Manajemen Atas Fungsi Penjualan Jasa Kapal Speed Boat PT Buran Nusa Respati. Skripsi. Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124–133.

Padma, P., & Wagenseil, U. (2018). Retail service excellence: Antecedents and consequences. International Journal of Retail & Distribution Management, 46(5), 422– 441. https://doi.org/10.1108/IJRDM-09-2017-0189

Pendidikan Islam. Jurnal EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 96. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1420

Prima. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 25–31.

PT. Bank Perkreditan Rakyat Jorong Kampung Tangah Pariaman.

Putra, A. M. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Prima Terhadap Kepercayaan Nasabah Di

Rahma. Y. N. (2010). Manajemen Pelayanan Prima.Yogyakarta: Graha Ilmu

Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. (2015). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam

Rudiyanti, N., Nurchairina, N., & Octaviana, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Kader Kesehatan dalam Penerapan Akupresur untuk Mengatasi Emesis Gravidarum. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(03), 234-240.

Sekhon, H. S., Al-Eisawi, D., Roy, S. K., & Pritchard, A. (2015). Service excellence in UK retail banking: Customers’ perspectives of the important antecedents. International

Setiyoargo, A., Ariyanti, R., & Maxelly, R. O. (2021). Pelatihan Kader Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat dalam upaya Desain Formulir Resume Kesehatan Lansia. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(01), 61-70.

Solehudin, S., & Herliana, I. (2022). Penyuluhan Manajemen Hipertensi pada masa Pandemi Covid 19 di Masyarakat. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(02), 236-240.

Suherni. (2014). Hubungan Kualitas Pelayanan Prima Perawat dengan Loyalitas Pasien di RSUD Dr. Pirngadi. Thesis. Magister Keperawatan F.Kep USU. Repositori USU

Utami, S. F. (2011). Penerapan Pelayanan Prima Kepada Nasabah di Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (Bpr) Sarimadu Bangkinang. Laporan akhir. Pekanbaru: Fakultas Syari’ah Dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v6i02.7553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0