Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Penentuan Luas Lingkaran untuk Siswa Sekolah Dasar

Sudarman Sudarman, Budiono Budiono, Herry Suprianto, Khusnul Hadi, Ary Dwi Astuti

Abstract


Kurangnya ketertarikan siswa terhadap materi yang dipelajari dan penggunaan media yang kurang efektif yang berdampak pada aktivitas dan kompetensi yang seharusnya dikuasai siswa menjadi kurang maksimal. Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses konstruksi rumus luas lingkaran dengan media manipulatif dalam situasi pembelajaran kooperatif. Penelitian termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, mahasiswa dapat mengonstruksi rumus lingkaran dengan media manipulatif dan situasi pembelajaran kooperatif. Pendekatan dalam penemuan rumus luas lingkaran ditunjukkan dengan bangun trapesium, persegi panjang, jajar genjang dan segitiga. Penggunaan media manipulatif dapat membantu proses konstruksi rumus luas lingkaran dengan pendekatan luas daerah segitiga, jajar genjang dan trapesium. Tersedianya media penting sekali untuk merangsang kegiatan belajar siswa. Kehadiran guru untuk mengarahkan kegiatan belajar, buku teks sebagai sumber informasi, dan media-media lain sangat diperlukan untuk merangsang kegiatan belajar siswa. Interaksi antara siswa dengan media inilah yang sebenarnya merupakan wujud nyata dari tindak belajar. Oleh karena itu target utama dalam program pengabdian ini adalah pendampingan dan pelatihan pada Guru dan Siswa mengenai media pembelajaran yang tepat untuk siswa dan pengenalan konsep matematika untuk peserta didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah 08 Dau-Malang.


Keywords


lingkaran; media manipulatif; pembelajaran kooperatif

Full Text:

PDF

References


Suwasono, M. Nur Burhan Nurdin, “PENGEMBANGAN MEDIA AJAR LINE FOLLOWER ANALOG PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ROBOTIK KELAS XII TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI”,

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Budiharto, W. 2006. “Belajar Sendiri Membuat Robot Cerdas”. Jakarta: Gramedia.

Madewena. 1995. Strategi Pembelajaran Praktik Keterampilan Kerja Kejuruan. Malang: Bayu Media.

Pitowarno, E. 2006. "Robotika: Desain, Kontrol, dan Kecerdasan Buatan". Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

E.T Rusefensi. Syarat dan kriteria alat peraga. (Online),

Aceng Sambas, Mujiarto, Gugun Gundar, Shofiatul Ula. (2019). “Pelatihan Robotika Berbasis Android Untuk Menumbuhkan Inovasi dan Kreativitas di SMP 11 Bandung” Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2, No. 1, 8-12, doi” 10.31604/jpm.v2il.8-12

Ahmad Susanti. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Amal Abdussalam. (2005). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Ani Rizqi Imroatul Kusni. (2019). “Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Ekstrakurikuler Robotik di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung.” Skripsi dalam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Ario Wiratmoko. (2012). “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Robotika Terhdap Kecerdasan Emosial Siswa Di Smk Negeri 3 Yogyakarta.” Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta

Baradista Dimas L, Darwin Rio Budi S, dan Priyono. (2016). “Pengembangan Robot Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Robotika Studi Kasus SMP Al muslim Bekasi.” Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional. Vol. 2, No. 2, 32-41, doi: doi.org/10.21009/JPTV.2.2.4

Endra Pitowarno. (2006). ROBOTIKA: Desain, Kontrol dan Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi Offset

Harry Andheska. (2016). “Membangun Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Menulis dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Inovatif.” Bahastra, Vol. XXXVI, No. 1, doi: 10.26555/bahastra.v36i1.5058

Ika Widiastuti, Syamsul Arifin, Beni Widiawan. (2016). “Peningkatan Kreativitas Siswa SD Negeri Karangrejo 2 Melalui Ekstrakurikuler Robotika.” Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN. ISBN: 978-602-14917-3-7

Indira Sunito, dkk. (2013). Metaphorming Beberapa Strategi Berpikir Kreatif. Jakarta: Indeks.

Kasmadi (2013). Membangun Soft Skills Anak-Anak Hebat. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 62 Tahun 2014. Diakses pada 18 Mei 2020, https://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/2009/06/PermendikbudNomor-64-tahun-2013-ttg-SI.pdf




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v6i02.7834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0