Pendampingan Belajar Bahasa Inggris untuk Siswa di Sekitar Area Pariwisata Kencana Beach Cottages Sumbawa Besar

Umar Umar, Ersa Anita Aulia

Abstract


Kegiatan PKM Pendampingan Belajar Bahasa Inggris untuk Siswa yang Tinggal di Sekitar Area Pariwisata Kencana Beach Cottages diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris siswa yang tingal di sekitar Area Pariwisata Kencana Beach Cottages yang terletak di Desa Labuhan Badas, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah: 1) Lokasi tempat tinggal mereka dekat dengan area pariwisata, 2) Lokasi tempat tinggal mereka sering dikunjungi tamu asing, dan 3) Diperlukan pendampingan pembelajaran kontekstual bagi anak-anak untuk menunjang keterampilan dasar Bahasa Inggrisnya. Oleh karena itu, solusi yang diberikan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah; 1) Menyiapkan pola pengajaran kontekstual untuk pemenuhan keterampilan bahasa Inggris dasar, dan 2) Melatih kecakapan berbahasa dan mempraktekannya secara langsung dengan tamu Asing di Area Wisata Kencana Beach Cottages. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama satu bulan, dimulai bulan November s.d Desember 2023 dan meliputi  tahapan; 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan Kegiatan; pelaksanaan program ini melibatkan dosen dari kampus Universitas Teknologi Sumbawa dan dosen Program Studi Tadris Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Agama Islam Sumbawa (STAIS), dan 2) siswa-siswa yang tinggal di sekitar area Pariwisata Kencana Beach Cottages, 3) Evaluasi dilakukan melalui praktek berbicara dan berinteraksi dengan teman dan tamu asing yang berkunjung  di area Pariwisata Kencana Beach Cottages. Luaran yang diperoleh dari pelaksanaan PKM melalui PKM Pendampingan Belajar Bahasa Inggris terdiri dari dua luaran, yaitu luaran wajib dan luaran tambahan. Luaran wajibnya adalah publikasi di jurnal ilmiah terakreditasi, dan luaran tambahannya adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris dasar siswa-siswa yang tinggal di sekitar area Pariwisata Kencana Beach Cottages.   

Keywords


Pendampingan, pariwisata, pembelajaran Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Dwi Ima, H. (2023). Pendampingan dan Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Masyarakat Sekitar Wisata Pantai Sine dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan di Era New Normal Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Tulungagung, 3(1), 5-13.

Matondang, E. M. (2005) Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Music dan Movement (Gerak dan Lagu). Jurnal Pendidikan Penabur, no.5

Neli Hastuti., & Evi Roviati. (2020). Pendampingan Belajar Pengenalan Bahasa Inggris menyenangkan dari Rumah di Masa Pandemi Covid 19. Al Khidmat : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1-9.

Rao, P. S. (2019). The role of english as a global language. Research Journal of English (RJOE), 4(1), 65–79.

Slamet Wahyudi, Y. (2023). Pengenalan Bahasa Inggris Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Sukasari. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(1), 77-82.

Tarmini, W., Afriansyah, F. & Jannah, R. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi google classroom bagi guru SDN Lubang Buaya 13 Jakarta Timur. GERVASI:

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 404–416.

Umar, Ersa Anita Aulia., & Supriadin. (2023). Penyiapan Generasi Global Melalui Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa SD Negeri Empan. Jurnal Madaniya, 4(4), 1964–1970.

Yamin. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 82-97.




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v7i01.9362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0