STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA ALAM KAMPUNG PASUNDAN CISAMAYA DI DESA PASAWAHAN KABUPATEN KUNINGAN

Rizal Rusdianto, Ilham Adhya, Yayan Hendrayana

Abstract


This study aims to determine the potential and development strategies of the Natural Tourism Object of Pasundan Cisamaya Village, because there has been no previous research. Database collection techniques are carried out by means of tourism potential, tourism demand potential, survey methods, documentation methods and literature studies. The data analysis technique uses quantitative descriptive analysis techniques.The strategy for developing the Natural Tourism Object in Pasundan Cisamaya Village is formulated through a SWOT analysis which includes internal factors, namely there are 5 strengths and 4 weaknesses as well as external factors there are 4 opportunities and 2 threats resulting from direct observations in the field and interviews with the managers of the Natural Tourism Objects of Pasundan Cisamaya Village.Based on the internal and external factors of the Pasundan Cisamaya Village Nature Tourism Object, the most appropriate strategy to use is the SO (Strengths Opportunity) strategy, SO strategies that can be used are: 1) Increasing cooperation with community groups. 2) Utilization of traditional dances as educational tours. 3) Opening up business opportunities for the surrounding community. 4) Developing all the potential that is owned, working together between managers, communities and visitors Keyword: Pasundan Village Cisamaya, Potency, Development Strategy.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan strategi pengembangan Objek Wisata Alam Kampung Pasundan Cisamaya, karena belum ada penelitian sebelumnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi literatur. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian yang telah dikumpulkan terkait dengan kondisi fisik, kondisi sosial, sarana dan prasarana, faktor pendukung, faktor penghambat, dan potensi yang ada, Strategi pengembangan Objek Wisata Alam Kampung Pasundan  Cisamaya  dirumuskan  melalui  analisis  SWOT  yang  meliputi  faktor  internal  yaitu terdapat 5 kekuatan dan 4 kelemahan serta faktor eksternal terdapat 4 peluang dan 2 ancaman yang dihasilkan dari pengamatan langsung dilapangan serta wawancara kepada pengelola Objek Wisata Alam Kampung Pasundan Cisamaya. Berdasarkan faktor internal dan eksternal Obyek Wisata Alam Kampung Pasundan Cisamaya strategi yang paling tepat untuk digunakan adalah strategi SO (Strengths Opportunity), Strategi SO yang dapat digunakan yaitu :   1) Meningkatkan kerjasama dengan  kelompok  masyarakat.  2)  Pemanfaatan tari  tradisional sebagai  wisata  pendidikan.  3) Membuka  peluang  usaha  bagi  masyarakat  sekitar.  4)  Mengembangkan  semua  potensi  yang dimiliki, bekerjasama antar pihak pengelola, masyarakat dan pengunjung


Full Text:

PDF

References


Ading. 2010. Studi Pengembangan Faktor Internal dan Eksternal Kawasan Wisata Alam Lembah Cilengkrang Kabupaten Kuningan [Skripsi]. Program Sarjana, Universitas Kuningan. Kuningan.

Aryanti, N. S. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia terhadap Strategi Pemasaran dan Pelayanan di Desa Wisata Kebonagung Imogiri Bantul [Skripsi]. Program Diploma III. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Asriandy, I.2016. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Bissapu Di Kabupaten Bantaeng [Skripsi]. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Darmawan, D. dan Fadjarajani, S. 2016. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap PelestarianLingkungan dengan PerilakuWisatawan dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Studi di Kawasan Objek Wisata Alam Gunung Galunggung Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Geografi. 4 (1): Hal 37-49.

Devy, H. A. 2017. Pengembangan Obyek Wisata Dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karanganyari. [Jurnal].Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Doglas, R. W. 1978. Forest Recreation.Perganion FressInc. New York.

Fandeli, C. 2002. Perencanaan Kepariwisataan Alam. Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Flamin, A. dan Asnaryati. 2013. Potensi ekowisata dan strategi pengembangan tahura nipanipa, kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Jurnal penelitian Kehutanan Wallacea. Vol. 2. No. 2. Forestry Department Faculty of Agriculture Haluoleo University. Hal 154-156

Indarto. 2010. Hidrologi. PT Buni Aksara Jakarta

Jauch, L.R. dan Glueck. W. F.1998.Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. PT. Erlangga Jakarta.

Karyono, H. 1997. Kepariwisataan PT.Remaja Rosdakarya. Jakarta.

MackKinon, J.,K. MackKinon, G. Child dan J. Thorsel. 1990. Pengelolaan Kawasan yang Dilindungi di Daerah Tropika (Terjemahan). Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Meyers, Koen. 2009. Panduan Dasar Pelaksanaan Ekowisata. Jakarta: Technical Adviser for Environmental Sciences UNESCO.

Nova. 2000. Sistem Pengelolaan Wisata Alam. Gramedia Pustaka. Bandung.

Nuryani. 2003. Pengembangan Wisata Alam di Taman Wisata Plawangan Tugo [Skripsi]. Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan Fakultas Kehutanan. Bogor.

Priakusuma, S. 1993. Ekoturisme Sebagai Pengembangan Usaha Bidang Kehutanan dimasamendatang. Duta Rimba,161.

Ramdani, C. 2008. Strategi Pengembangan Wisata Alam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Cibodas Cianjur Jawa Barat. [Skripsi]. Universitas Indonesia Negri Syarif Hidayatullah. Jakarta

Rangkuti, F. 2002. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Reorontasi Konsep Perencanaan strategi Menghadapi Abad 21. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Rifan, M. 2016. Pengaruh Aktraksi Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung

Sari, Y.A.M. 2009. Peran Promosi DanPemasaranDalamMeningkatkan Jumlah Wisatawan Di Objek Wisata Ndayu Alam Asri. [Skripsi]. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sofia, N. B. 2014. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang. Jurnal Bisnis Strategi. 23 (1): Hal 1-20.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Suwantoro, G. 1997. Dasar – dasarPariwisata. Andi. Jakarta.Undang – Undang No 9 Tahun 1990.Tentang Kepariwisataan

Wahab, S. 2003. Manajemen Kepariwisataan. Pradnya Paranita. Jakarta.

Yanto, I. 2010. Analisis Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Obyek Wisata Bumi Perkemahan Palutungan Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan (skripsi). Kuningan: Program Sarjana, Universitas Kuningan.




DOI: https://doi.org/10.25134/jfe.v6i1.9071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Forestry And Environment