INOVASI DAN STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DARI UMKM DI KABUPATEN KUNINGAN JAWA BARAT

dikdik Harjadi, wachjuni wachjuni

Abstract


Abstraks

 Inovasi dan strategi bisnis dilakukan oleh UMKM yang ada di Kabupaten Kuningan agar dapat  meningkatkan keunggulan bersaing. Untuk mempermudah bagi peneliti, maka obyeknya adalah UMKM  yang sudah menjadi mitra binaan dari  Dinas UMKM dan Koperasi kabupaten Kuningan Jawa Barat lebih kurang sebanyak 5.151 UMKM  .

Metode penelitian ini  kuantitatif dengan pengambilan sampel secara  probability sampling, dan dengan teknik Proportional Random Sampling.  Alat analisis datanya  Analisis Regresi Berganda.

Hasil dari penelitian ini, secara parsial ( uji t )  menunjukkan bahwa inovasi dan strategi bisnis berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM di Kabupaten Kuningan. Dan berdasarkan hasil simultan ( uji F ) menunjukkan bahwa inovasi  dan strategi bisnis  bersama-sama mempengaruhi terhadap keunggulan bersaing dari UMKM di Kabupaten Kuningan.

Kata Kunci : Inovasi,Strategi Bisnis, dan Keunggulan Bersaing

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abd aziz, N Nadia & S Samad, (2015). Innovation and Competitive Advantage: Moderating Effects of Firm Age in Foods Manufacturing SMEs in Malaysia, Procedia Economics and Finance 35 ( 2016 ) 256 – 266.

Ali, Sambas Muhidin dan Abdurrahman Maman. 2011. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-umkm.html

Dani Danuar Tri Utama ( 2013 ) Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Semarang

I Putu Yadnyai, I wayan Santika ( 2017 ) pengaruh Inovasi, Adopsi e-mmmerce, dan Keunggulan Kompetitif terhadap Kinerja Pemasaran.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2004,Principles of Marketing,10th Edition, Pearson Education Inc. Upper saddle River, New Jersey.




DOI: https://doi.org/10.25134/ijsm.v2i2.1968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Strategic Managementis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats