Pengaruh Kinerja Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Terhadap Kepuasan Mahasiswa Untuk Meningkatkan Loyalitas Dengan Pencitraan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung)

Bayu Cahyoadi, Gabrelia Bella Loisa

Abstract


ABSTRAK

 

Didalam sebuah organisasi relatif mutlak dibutuhkan sebuah sistem informasi kepada para pengguna; baik untuk pengguna internal maupun eksternal perusahaan.Sistem informasi tersebut terus berkembang dan dimanfaatkan dengan relatif baik oleh institusi-institusi perguruan tinggi termasuk di dalamnya STKIP PGRI Tulungagung; yang dalam pengaplikasian sistem tersebut biasa disebut sebagai SIAKAD. Pemberian informasi yang akurat diharapkan mampu menciptakan kepuasan mahasiswa  yang dapat meningkatkan pencitraan yang berujung pada loyalitas mahasiswa; sekaligus menjadi topik utama penelitian ini.

Penelitian tentang peningkatan loyalitas mahasiswa relatif diperlukan karena terdapat beberapa mahasiswa yang secara nyata tidak melanjutkan kuliahnya hingga semester akhir. Fenomena ini diduga ada hubungannya dengan pencitraan kampus yang mungkin kurang (sehingga mahasiswa berpindah ke kampus lain) dan tingkat kepuasan yang relatif belum tinggi (masih banyaknya keluhan tentang berbagai layanan akademik).Terkait dengan kepuasan tersebut salah satu aspek yang belum diteliti dalam penelitian lanjutan ini adalah kinerja SIAKAD yang diduga dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa.Penelitian ini didasarkan pada perilaku masing-masing konsumen (mahasiswa), dimana dari angket yang disebarkan akan diketahui persepsi citra kampus yang dihasilkan melalui  kepuasan mahasiswa yang ada di dalamnya.

Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling dalam menjawab hipotesis yang telah dibuat. Diharapkan keterkaitan hasil analisa berbagai variabel penelitian ini dapat membantu pihak internal manajemen STKIP PGRI Tulungagung dalam menentukan arah strategi dan kebijakan yang akan diambil dikemudian hari.

Hasil penelitian menunjukkan Nilai Critical Ratio (C.R).variabelFasilitas pendukung pembelajaran terhadap kepuasan mahasiswa adalah sebesar 7.955 dan dengan nilai probabilitas sebesar 0,000. Nilai probabilitas = 0,000 < 0,05, menandakan bahwa fasilitas pendukung pembelajaran berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa; C.R. variabel kepuasan  terhadap citra adalah sebesar 9.425 dan dengan nilai probabilitas sebesar 0,000; dimana nilai probabilitas = 0,000< 0,05, menandakan bahwa kompetensi dosen mempunyai pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa; C.R.kepuasan terhadap loyalitas adalah sebesar 2.249 dengan nilai probabilitas sebesar 0,025 yang kurang dari 0,05; menandakan bahwa kepuasan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas mahasiswa; C.R.pencitraan kampus terhadap loyalitas mahasiswa adalah sebesar 5.272 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 yang kurang dari 0,05; menandakan bahwa pencitraan kampus mempunyai pengaruh terhadap loyalitas lembaga

 

Kata Kunci:   Kinerja Sistem Informasi Akademik, Kepuasan Mahasiswa, Pencitraan, Loyalitas Mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardakan, M.A., 2010. Using Balance Score Card in Aligning Strategy Implementation According to Information Technology Development in Organization. Proceedings of the European Conference on Information Management & Evaluation, pp.1–5.

Arwanda, N.O.D., Hartoyo & Hartoyo, S., 2014. Kepuasan, Citra, dan Loyalitas pada Lembaga Pendidikan Tinggi: Kasus di Akademi XYZ. Jurnal Ilmu Kelembagaan dan Konsumen, 7(2), pp.123–132.

Carpenter, J.M., 2008. Consumer shopping value, satisfaction and loyalty in discount retailing. Journal of Retailing and Consumer Services, 15(5), pp.358–363.

Dewi, G.A.P.R.K., Yasa, N.N.K. & Sukaatmadja, P.G., 2014. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah pt bpr hoki di kabupaten tabanan. E-Jurnal ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(3), pp.257–275.

Dirgantari, P.D., 2002. Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa serta Dampaknya Terhadap Upaya Peningkatan Citra Perguruan Tinggi Negeri Menuju World Class University (Studi pada Mahasiswa Asing di ITB, UNPAD, dan UPI). Jurnal Ekonomika Bisnis ITB, 1(2), pp.1–25.

Febriani, F. & Andri, S., 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru). Jom FISIP, 2(2), pp.1–8.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Greenhalgh-spencer, H. (2005). Performance Theories in Education : Power , Pedagogy ,. Educational Studies (Vol. 95).

Indriantoro, Nur & Supomo, Bambang. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Isnaini, M., Dewi Kusuma & Noviani, L., 2015. Pengaruh Kompetensi Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jom FKIP, pp.1–20.

Kotler, P., 2000. Marketing Management , Millenium Edition. Marketing Management, 23(6), pp.188–193.

Long, C.S., Ibrahim, Z. & Kowang, T.O., 2014. An analysis on the relationship between lecturers competencies and students satisfaction. International Education Studies, 7(1), pp.37–46.

Mardalis, A., 2005. Meraih Loyalitas Pelanggan. Benefit, 9(2), pp.111–119.

Mardikawati, W. & Farida, N., 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan pada Pelanggan Bus Efisiensi (Studi Po Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), pp.64–75.

Moberg, C.R. et al., 2002. Identifying antecedents of information exchange within supply chains antecedents. International Journal of Physical Distribution & Logistics Management, 32(9), pp.755–770.

Panjaitan, P., 2013. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kepuasan Siswa. Jurnal Ilmiah Business Progress, 1(1), pp.43–49.

Prasetyaningrum, I.D., 2009. Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa ( Studi Kasus pada Undaris Ungaran ).

Purwandani, D., Sutarsih, C. & Sururi, 2014. Pengaruh Mutu Layanan Sarana dan Prasarana Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal ADPEND, pp.80–90.

Sahyar, 2009. Pengaruh Kompetensi Dosen dan Proses Pembelajaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Pekbis Jurnal, 1(3), pp.131–139.

Sebayang, F. & Tarigan, Z.J. husada, 2009. Ketersediaan Sistem Informasi Terintegrasi Terhadap Kepuasan Pengguna. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 13(2), pp.325–336.

Seng, E.L.K., 2013. A Qualitative Study of Factors Contributing to International Students’ Satisfaction of Institutional Quality. Asian Social Science, 9(13), pp.126–131.

Septianita, W., Winarno, W.A. & Arif, A., 2014. Pengaruh Kualitas Sistem , Kualitas Informasi , Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System ( RTS ) Terhadap Kepuasan Pengguna ( Studi Empiris Pada PT . Kereta Api Indonesia ( PERSERO ) DAOP 9 Jember) Effect System Quality , Information Quality , Service Qu. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 1(1), pp.53–56.

Siswantini, W. & Soekiyono, 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Loyalitas dengan Citra Universitas Terbuka Sebagai Variabel Intervening. Laporan Penelitian Pusat Penelitian Keilmuan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Terbuka, pp.1–68.

Sugihartono, J., 2009. Analisis Pengaruh Citra, Kualitas Layanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. Pupuk Kalimantan Timur, Sales Representative Kabupaten Grobogan). Universitas Diponegoro.

Tjahjaningsih, E., 2013. Pengaruh Citra dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour Di Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen, 28(2), pp.13–27.

Tjahyadi, R.A., 2006. Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek : Peran Karakteristik Merek , Karakteristik Perusahaan , dan Karakteristik Hubungan. Jurnal Manajemen, 6(1), pp.65–78.

Wu, Y.N. & Cheng, T.. E., 2008. The Impact of Information Sharing in a Multiple-Echelon Supply Chain. Int. J. Production Economics, 115(1), pp.1–25.




DOI: https://doi.org/10.25134/ijsm.v2i2.1969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Strategic Managementis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats