CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DESIGN FOR PARENT SERVICE WEBSITE BASED IN STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN

  • Dyah Puteria Wati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Yoyo Zakaria STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Sofhian Fazrin Nasrulloh STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstrak

Dunia pendidikan saat ini berkembang sangat pesat, dimana suatu lembaga akan berhasil apabila didukung oleh teknologi informasi. Namun dukungan dari teknologi informasi saja tidak cukup, maka dari itu diperlukan tenaga ahli dan hal terpenting adalah komitmen manajemen untuk menjalin relasi dengan baik. Customer Relationship Management merupakan model menajemen yang dibutuhkan di STKIP Muhammadiyah Kuningan untuk menjalin hubungan yang baik antara lembaga dengan orangtua mahasiswa sehingga mampu meningkatkan kepuasan pelayanan orangtua. Salah satu permasalahan yang ada saat ini adalah penanganan keluhan orangtua yang belum maksimal dikarenakan tidak adanya manajemen keluhan yang baik. Adapun pada penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, dan Threats) dan UML (Unified Modeling Language) untuk menggambarkan model Customer Relationship Management. Dengan demikian Customer Relationship Management berbasis website ini mampu menjadi solusi untuk meningkatkan pelayanan kepada orangtua mahasiswa di STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Kata Kunci: CRM, Website, UML, SWOT

Referensi

Hamidin, Dini. 2018. Model Customer Relationship di Institusi Pendidikan. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008. ISSN:1907-5022.

Haryono, Budi. 2013. How to Manage Customer Voice. Yogyakarta : Andi Publisher

Indrajani. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web pada PT. Sarang Imitasi. Seminar Nasional Teknologi 2007. ISSN:1978-9777

Mark W. McElroy. 2000. Knowledge and Innovation: Journal of the KMCI, Vol. 1 : 43-67.

Marakas, George M. 2006. System Analysis and Design Analitical Approach 2th Edition. The McGraw Hill Companies Inc, Newyork.

Diterbitkan
2020-01-16
Bagian
Articles