SISTEM INFORMASI KEARSIPAN DOKUMEN DENGAN SISTEM PENYIMPANAN ABJAD DAN KRONOLOGIS DI CV. ESPRECIELO INTERNATIONAL BERBASIS MULTI USER

Rikky Wisnu Nugraha

Abstract


CV. Esprecielo International merupakan perusahaan yang memproduksi minuman instan khususnya kopi dan teh. Saat ini perusahaan belum memiliki bagian khusus pengelola arsip, sehingga sistem pengarsipan masih dikelola oleh setiap divisi yang ada diantaranya divisi penjualan, pembelian, keuangan dan pajak. Dalam pengeloaan arsip setiap divisi menggunakan sistem numerik dan dibantu dengan menggunakan spreadsheet, dokumen yang diarsip setiap 3 (tiga) bulannya dimasukan kedalam kardus selanjutnya disimpan dirak penyimpanan  dan diletakan dimana saja sehingga terjadi penumpukan arsip di setiap divisi, pada saat arsip dibutuhkan proses pencarian  dan memerlukan waktu yang cukup lama. Sering kali peminjaman dokumen arsip lintas divisi tidak ada datanya sehingga pada saat divisi itu sendiri membutuhkan dokumen yang sama dokumen arsip tersebut tidak ada. Dengan adanya sistem informasi kearsipan dokumen ini dapat membantu setiap divisi memiliki soft file dokumen arsip sehingga dapat meminimalisir kehilangan dokumen serta memudahkan dalam pencarian dokumen arsip dan adanya pengendalian dokumen pada setiap divisi dengan menggunakan Sistem Penyimpanan Abjad dan Kronologis berbasis Multi User yang akan dikembangkan menjadi aplikasi berbasis client server.


References


Bresnep, L., Nuryanti, Y., & Nugroho, P. D. (2015). Analisa Dan Pengembahan Sistem Informasi Pengendalian Data Reject Pada Departemen Produksi PT. Arai Rubber Seal Indonesia Berbasis Multi User. Jurnal IPSIKOM, Vol. 3

Firmansyah, D., and Nugraha, R. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Berbasis Web, Jurnal Teknologi Informasi LPKIA, vol. Vol.1 No.1.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Kusuma, B. A., KKW, A., & Fitriasih, S. H. (2017). Aplikasi Penjualan Barang Secara Multiuser Pada Distro Thinker Matesih Karanganyar. Jurnal TIKomSiN, Vol 5, pp. 39-43.

Rosalin, S. (2017). Manajemen Arsip Dinamis. Malang: UB Press.

Sattar. (2019). Manajemen Kearsipan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4179

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.