PEMBUATAN GAME EDUKASI SEJARAH KERAJAAN SRIWIJAYA MENGGUNAKAN RPG MAKER MV

Tri Ramdhany, Indraguna BAS, Diki Pahrilah, Rio Andriyat Krisdiawan

Abstract


Abstrak

Game saat ini banyak diminati oleh kalangan anak anak, remaja hingga dewasa dan menjadikan media hiburan. Role Playing Game (RPG) adalah Pemain game akan terlibat dalam alur cerita yang kompleks sehingga pemain game akan merasa seperti tokoh dalam game tersebut .Game ini dibuat bertujuan untuk media pembelajaran mengal sejarah kerajaan di Indonesia dengan menggunakan RPG Maker MV. Game ini berkisah mengenai sejarah kerajaan sriwijaya  dan mengambil salahsatu kisah Raja yang terkenal yaitu Raja Balaputradewa Berita mengenai Raja Balaputradewa awal diketahui dari catatan Prasasi Nalanda. Raja Balaputradewa menjabat sekitar abad ke-9, pada masa kekuasaannya, kerajaan Sriwijaya berkembang cepat menjadi kerajaan besar dan menjadi sebuah pusat agama Buddha di Asia Tenggara.

 

Kata Kunci : Game, RPG, Kerajaan Sriwijaya

 


References


Krisdiawan, R. A., & Ramdhany, T. (2018). Implementasi Algoritma Fisher Yates Pada Games Edukasi Pengenalan Hewan Untuk Anak Sd Berbasis Mobile Android. Jurnal LPKIA.

Priyono, E., & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Edu-Game Adventure Pada Standar Kompetensi Menginstalasi Pc Di Smkn 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).

Prof. Dr. Slamet Muljana. (2008). Sriwijaya. LKiS.

Richard MH, Petrus Sokibi, D. M. (2018). Pembuatan Game Rpg “ the Adventure of Sachi ” Menggunakan Engine Rpg Maker Mv. JURNAL DIGIT, 8(2), 185–196.

Sholeh, K. (2018). Analisis Prasasti Talang Tuo Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Sebagai Materi Ajar Sejarah Indonesia Di Sekolah Menengah Atas. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 2(2), 13. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v2i2.1592

Wulandari, A. D. (2015). Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role Playing Game (RPG) MAKER XP Sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kalibawang. Unitersitas Negeri Yogyakarta, Unknown(Unknown), 4. http://www.dt.co.kr/contents.html?article_no=2012071302010531749001




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v15i2.4220

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.