Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Web

Darin Haerofifah

Abstract


New Normal Eatery merupakan cafe yang “instagramable” saat ini yang sangat digandrungi sama semua kalangan. Saat ini New Normal Eatery  masih menerapkan cara semi manual dalam proses pemesanan makanan. Dalam hal ini, bagaimana cara membuat rancangan aplikasi pemesanan makanan berbasis web untuk mempermudah pelanggan dalam memilih dan memesan makanan sehingga dapat memberitahu informasi pesanan pelanggan ke kasir dan koki, pemesanan makanan secara individu tidak bergantung pada seorang pelayan untuk mengurangi kontak fisik karena adanya pandemi.

Dalam menjawab permasalahan yang ditemukan, tugas akhir ini bertujuan untuk membuat rancangan aplikasi pemesanan makanan berbasis web sistem yang diusulkan menggunakan metode pengembangan sistem model prototyping. Metodologi yang digunakan berorientasi objek dan alat bantu pengembangan sistem yang akan digunakan adalah Unified Modeling Language (UML). Sistem pendukung untuk perancangan aplikasi pemesanan makanan berbasis web ini adalah Xampp, PHP, Javascript, HTML, CSS, Bootstrap, CodeIgniter, MYSQL.

Hasil dari perancangan aplikasi pemesanan makanan berbasis web ini dapat mempermudah antar pihak pelanggan dan pengelola. Sistem ini mempunyai pelayanan untuk pemesanan makanan dan minuman melalui web yang disediakan pada cafe. Hal ini akan membantu efektifitas waktu kerja pengelola dan meminimalisir kontak fisik serta mencegah kesalahan data pemesanan makanan. Sehingga untuk transaksi pembayaran pun tidak akan ada kesalahan karena telah menggunakan database.

 

Kata Kunci Pemesanan, Perancangan aplikasi, Web


References


Saputri, Z. R., Oktavia, A. N., Ramdhani, L. S., & Suherman, A. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Makanan Berbasis Web Pada Cafe Surabiku. Jurnal Teknologi dan Informasi, XI, 66-77.

Inayati, I., Hidayatulloh, M. N., & Kamisutara, M. (2015). Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Web. Narodroid, I, 80-86.

Whitten, J. L., Bentley, L. D., & Dittman, K. C. (2004). Metode Desain Dan Analisis Sistem (6th ed., Vol. VI). Yogyakarta: Andi.

Sukoharsono, E. G. (2008). Dalam Sistem Informasi Manajemen (hal. 142). Jawa Timur: Surya Pena Gemilang.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4771

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.