PENERAPAN METODE WARD & PEPPARD DALAM RENCANA STRATEGI SI/TI DI PT. VISI KARYA PRAKARSA

Sri Kurniasih

Abstract


PT. Visi Karya Prakarsa adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang  didirikan pada tahun 2020 lalu dengan kegiatan utama nya yaitu membuat produk aplikasi bernama antrique. Produk antrique merupakan aplikasi antrian yang berbasis web dan mobile. Perusahaan ini tergolong perusahaan baru sehingga muncul kebutuhan dalam kegiatan proses bisnisnya yang saat ini masih banyak proses yang belum terkomputerisasi terutama kegiatan dalam upaya meningkatkan ekspansi pasar. Harapannya agar aplikasi antirique banyak diketahui dan digunakan oleh banyak organisasi ataupun perorangan, PT.Visi Karya Prakarsa perlu merencanakan strategi SI/TI nya, penelitian ini membantu  mewujudkan rencana strategi SI/TI tersebut. Metode yang digunakan dalam rencana strategi ini adalah metode ward & peppard sebagai usulan dan solusi untuk memenuhi rencana kebutuhan  sistem yang ada pada PT. Visi Karya Prakarsa. Metode ini dipilih karena memiliki kerangka kerja yang jelas serta teknik analisis yang lengkap dan berfokus pada kebutuhan bisnis dan teknologi informasi untuk kedepannya. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT, analisis Five Forces Competitive, analisis Value Chain, metode Critical Succes Factors, metode Balanced Scorecard, dan McFarlan’s Strategic Grid. Dan keluaran berupa strategi bisnis SI, strategi TI, dan strategi manajemen SI/TI yang diharapkan mampu memberikan peningkatan proses bisnis terutama dalam strategi pengembangan ekspansi pasar dan sebagai sarana SI/TI perusahaan pada PT. Visi Karya Prakarsa.

 

Kata kunci : perencanaan, strategi SI/TI, ward & peppard,  portofolio aplikasi


References


W. Widiyanto, “Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype dan Model Rapid Application Development (Rad),” Jurnal Informa Politeknik Indonusa Surakarta, vol. 1, pp. 34-40, 2018.

A. Wedhasmara, “Langkah-Langkah Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dengan Menggunakan Metode Ward and Peppard,” Jurnal Sistem Informasi, pp. 14-22, 2009.

J. Ward and J. Peppard, “Strategic planning for an information system., 3rd ed,” John Wiley & Sons, LTD, 2002., vol. 8 Pt 2, 2002.

Kurniasih, S & Rahayu, A, “Strategi Pengembangan Sistem Pelayanan Dengan Menggunakan Metodologi PIECES Dan Balanced Scorecard Di Perusahaan BAJU KERTAS & CO,” Jurnal komputer Bisnis, vol. 11 no 2, pp. 33-39, 2008.

Kurniasih S, Ramdhany T, “Perencanaan Strategi Sistem Informasi Retail Studi Kasus : PT Retail X,” Jurnal Komputer Bisnis LPKIA, p. 2, 2013.

S. d. L. S. Kurniasih, “Strategi Peningkatan Pelayanan Menggunakan Blue Ocean Strategy Dan Balanced ScoreCard (Studi Kasus : GEOFF MAX FOOTWEAR),” Jurnal Komputer Bisnis - LPKIA, vol. 11 No 1, pp. 26-32, 2018.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.5226

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.