Analisis Penerimaan Teknologi M-Commerce Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penjualan Retail di Kabupaten Kuningan

  • Nita Mirantika Universitas Kuningan
  • Fahmi Yusuf FKOM UNIKU
  • Tri Septiar Syamfithriani FKOM UNIKU

Abstract

Teknologi m-commerce merupakan salah satu solusi bagi pelaku usaha dalam peningkatan strategi pemasaran di era digital.  Penggunaa teknologi m-commerce mengalami peningkatan, sebanyak 88,1% pengguna internet di Indonesia memakai layanan e-commerce pada hasil survei We Are Sosial 2021. Namun, di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat, pengguna e-commerce masih relatif sedikit, yaitu sebesar 4,63% dari total penduduk. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat penerimaan teknologi m-commerce di Kabupaten Kuningan serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat pengguna dalam menggunakan teknologi m-commerce tersebut. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari Model Penerimaan Teknologi (TAM) oleh Fred Davis ditambah dengan faktor eksternal efikasi diri penggunaan selular dan kepercayaan pengguna dari Compeau dan Gefen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei kepada 397 respoden. Hasil menunjukkan bahwa faktor efikasi diri penggunaan selular dan kepercayaan pengguna berpengaruh positif terhadap faktor kemanfaatan dan kemudahan penggunaan teknologi m-commerce. Faktor kemanfaatan dan faktor kemudahan berpengaruh positif terhadap faktor sikap penggunaan teknologi dan niat untuk menggunakan teknologi m-commerce.

 

Kata Kunci: M-commerce; Model Penerimaan Teknologi (TAM); persepsi Kemudahan, persepsi kemanfaatan.

Published
2022-01-23
Section
Articles