Analisis Prediksi Kebakaran Hutan dengan Menggunakan Algoritma Random Forest Classifier

Dede - Husen, Dede - Sandi, Sepriadi - Bumbungan, Kusnawi - -, Kusrini - -

Abstract


Kebakaran hutan merupakan salah satu bencana yang sangat merugikan di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Berdasarkan laporan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  total kebakaran hutan dan lahan dalam rentang 2015 – 2019 yang terbakar adalah seluas 1.6 juta (Ha) [1]. Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kebakaran hutan diantaranya adalah faktor alam dan manusia. Faktor alam seperti kondisi suhu, kelembapan, kemarau, Elnino, erupsi gunung dan petir, kemudian para peneliti menemukan fakta bahwa aktivitas manusia di hutan seperti pembukaan lahan, eksploitasi kayu, perburuan dan pembakaran memiliki efek kausalitas terhadap terjadinya kebakaran hutan khususnya di daerah yang masih mempunyai hutan yang luas. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan seperti dengan menggunakan Teknik Data Mining dan Machine Learning yakni dengan melakukan prediksi kapan terjadinya kebakaran hutan berdasarkan kondisi cuaca dan histori laporan kebakaran namun masih belum sempurna. Maka dari itu pada penelitian ini kami mengembangkan konsep sistem prediksi kebakaran hutan yang akan menjadi salah satu acuan kebijakan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan yang bersifat preventif. Dengan melakukan pemodelan menggunakan model Algoritma Random Forest pada data kebakaran hutan dari tahun ketahun diwilayah Indonesia  diharapakan dapat membantu pemerintah dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan dengan kebijakan hukumnya dan analisis yang ada bisa digunakan oleh Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) yang dapat membantu menentukan kapan modifikasi cuaca  dilakukan.


References


1)Endrawati, “Analisa Data Luas Areal Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2019,” dalam Seminar Nasional Geomatika, Jakarta, 2019.

P. A. W. Z. D. d. A. B. Erna S. Adiningsih1, “OVEMENT OF LAND AND FOREST FIRE HAZARD MAPPING METHOD FOR SUMATERA AND KALIMANTAN BASED ON REMOTE SENSING DATA,” dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan MAPIN XIV, Surabaya, 2005.

W. I. S. B. S. d. L. S. Adinugroho, “Panduan Pengendalian kebakaran Hutan dan Lahan Gambut. Proyek Climate Change, Forests and Peatlands in Indonesia. Wetlands International-Indonesia Programme dan Wildlife Habitat Canada.,” Wetlands International - Indonesia Program, Bogor, 2005.

D. G. R. P. N. T. Ariesta Lestari1, “DETEKSI DINI KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI KALIMANTAN TENGAH,” Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, vol. II, no. 6, pp. 128-134, 2015.

W. Dlamini, “Application of Bayesian Networks for fire risk mapping using GIS and Remote Sensing Data,” GeoJournal, vol. III, pp. 283-296, 2011.

I. S. Y. R. M. N. A. A. N. Sitanggang, “Predictive models for hotspots occurrence using decision tree algorithms and logistic regression.,” Journal of Applied Sciences, vol. II, no. 2, pp. 252 - 261, 2013.

Vayda, “Finding Causes of the 1997 - 1998 Indonesian forest fires problem and possibilities WWF Indonesia Forest Fires Project.,” World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia, Jakarta , 1999.

E. P. W. .. D. d. A. B. Adiningsih, “Improvement of Land Forest Fire Hazard Mapping Methodd for Sumatera and Kalimantan Based on Remote Sensing Data.,” dalam Pemanfaatan Efektif Penginderaan Jauh untuk Peningkatan Kesejahteraan Bangsa. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) MAPIN XIV., Surabaya, 2005.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.5392

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.