UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TERHADAP KUNINGAN DENGAN MEMPERKENALKAN SEJARAH KUNINGAN MELALUI MEDIA ANIMASI MACROMEDIA DIRECTOR MX (Studi kasus Pada Siswa Kelas X SMK Karya Nasional Kuningan)

Heri Heryanto, Sugeng Supriyadi

Abstract


Penelitian berjudul “Upaya Meningkatkan Pengetahuan Siswa Terhadap Kuningan dengan Memperkenalkan Sejarah Kuningan Melalui Media Animasi Macromedia Director Mx†(Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMK Karya Nasional Kuningan). Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan penulis terhadap sikap dan perilaku siswa yang pada saat ini mengalami perubahan nilai, diantaranya  makin maraknya kenakalan remaja, tawuran pelajar, geng motor, narkoba dan tindakan kriminal lainnya yang sangat meresahkan kehidupan sosial masyarakat. Selain tindakan kriminal, masih banyak siswa yang tidak memiliki sikap peduli terhadap daerahnya. Untuk mengatasi hal ini maka kita perlu untuk memupuk kesadaran siswa terhadap daerahnya dengan memperkenalkan sejarah kuningan.

Dalam memperkenalkan sejarah kuningan kepada siswa diperlukan suatu media agar pesan dan nasihat yang terkandung dalam setiap peristiwa sejarah dapat dipahami oleh siswa. Dengan hal ini maka dapat diambil dua rumusan masalah yaitu setelah menyaksikan tayangan sejarah kuningan, apakah pengetahuan siswa terhadap kuningan semakin meningkat? dan bagaimana merancang suatu aplikasi media agar rangkaian sejarah yang disampaikan mudah untuk dipahami ?. Untuk mengatasi hal ini yaitu dengan penyebaran angket sebanyak 40 siswa yang ditentukan secara acak melalui sampel penelitian dan membuat suatu media animasi dengan menggunakan Macromedia Direktor Mx. Angket yang disebarkan kepada siswa berisi 12 pernyataan yang menjadi tolok ukur dari pengetahuan siswa terhadap kuningan melalui tayangan sejarah dengan menggunakan media animasi Macromedia Director Mx.

Setelah dilakukan pengumpulan dan pengolahan data, maka dihasilkan data angket tiap pernyataan dan data angket tiap siswa, yang mana keduanya menunjukan skor angket yang sama yaitu  diperoleh jumlah total jawaban (Xt) = 3,18. Apabila dilihat dari kriteria penafsiran bahwa 2,5 < Xt < 4 atau nilai Xt > 2,5  artinya  kategori positip. Dari hasil dan pengolahan data angket tersebut dapat disimpulkan bahwa setelah menyaksikan tayangan serajah kuningan melalui media animasi Macromedia Director Mx  pengetahuan siswa terhadap kuningan semakin meningkat.

 

Keyword : Sejarah Kuningan, Animasi, Macromedia Director Mx, Siswa



DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v6i02.54

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.