Sistem Informasi Inventaris Menggunakan Algoritma Haversine di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi

Dani Yusuf, Asep Ramdhani Mahbub, Sugeng Supriyadi M.Kom

Abstract


Pengelolaan aset merupakan kegiatan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan karena aset merupakan kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi belum memiliki sistem informasi pengelolaan aset, data yang dimiliki saat ini masih bersifat manual dimana dapat terjadi redudansi data dan menyebarnya data pada file-file kertas yang menumpuk. Oleh karena itu perlu dibuat sistem informasi pengelolaan aset untuk dapat mengetahui data aset yang ada serta lokasi aset saat ini Penelitian ini menggunakan metode haversine untuk mengetahui lokasi aset dan pengembangan softwarenya menggunakan metode prototype. Aplikasi ini dapat mengelola dan mencari lokasi data aset. Adapun pengelolaan yang dapat dilakukan adalah pengadaan aset, disposal aset, mengetahui lokasi dari aset dan mengetahui laporan aset saat ini.


References


F. Hidayat, H. Hernisawati, and A. P. Maba, “Dampak penggunaan gadget terhadap kepribadian anak sekolah dasar: studi kasus pada siswa ‘X,’” J. Hum. dan Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, Jul. 2021.

H. Khatimah, “Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat,” Tasamuh, vol. 16, no. 1, pp. 119–138, 2018.

S. Pinatik, V. Ilat, and M. Kolinug, “Analisis Pengelolaan Aset Tetap Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Tomohon,” J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 818–830, 2015.

D. S. Abdul Rahman Hamid, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelas X,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 07, No.05, no. 10, pp. 1–9, 2018.

Usman and Y. Maran, “PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PERILAKU REMAJA,” Al-Munir, vol. IV, no. 8, 2013.

N. Tamsir, “Aplikasi Keamanan Handphone Menggunakan Teknologi LBS (Location Based Service) dan Sensor Accelerometer,” Semin. Nas. Komun. dan Inform., pp. 91–96, 2021.

F. Farid and Y. Yunus, “ANALISA ALGORITMA HAVERSINE FORMULA UNTUK PENCARIAN LOKASI TERDEKAT RUMAH SAKIT DAN PUSKESMAS PROVINSI GORONTALO,” Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, pp. 353–355, Dec. 2017.

Putra, “6+ Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Rad, Agile, Prototype dll),” 2020. [Online]. Available: https://salamadian.com/metode-pengembangan-perangkat-lunak/.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.5431

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.