Pengembangan Aplikasi Halo AK3 Berbasis Android Hybrid Sebagai Promosi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Tata Sutabri, Sutanto Priyo Hastono, Ajeng Tias Endarti, Nur Asniati Djaali, Yohanes Bowo Widodo

Abstract


Terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja, banyak mengakibatkan korban jiwa serta kerusakan materi. Kecelakaan kerja dapat dicegah dan diminimalisir dengan penerapan program K3 yang dikelola oleh Ahli  K3 di setiap perusahaan. Perlindungan bagi tenaga kerja sangat penting sehingga mengharuskan pihak pengusaha memiliki ahli K3. Ahli K3 dibutuhkan sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam mengawasi keselamatan pekerja ditempat kerjanya. Pengembangan aplikasi Halo “AK3” berbasis android hybrid bertujuan untuk menjembatani dan memfasilitasi antara kebutuhan perusahaan dengan kepentingan Ahli K3 Umum. Sistem Aplikasi Halo “AK3” berbasis android hybrid dikembangkan untuk dapat dijalankan di berbagai media, seperti desktop, web, dan mobile device. Android merupakan aplikasi native, untuk  mengembangkan software (perangkat lunak)  berbasis  android menggunakan teknologi web sehingga dapat memanfaatkan teknologi hybrid. Adapun tahapan dalam pengembangan software atau perangkat lunak aplikasi, menggunakan SDLC (software development life cycle) model waterfall yang terdiri dari proses Investigasi, Analisis, Disain, Implementasi dan Evaluasi. Aplikasi ini memudahkan untuk mengakses database Ahli K3 Umum, yang tersimpan secara digital, sehingga data Ahli K3 tersebut, mudah dicari saat dibutuhkan. Pendataan secara online lebih efektif, karena dalam proses rekrutmennya tidak membutuhkan waktu yang lama. Aplikasi ini dapat menghemat waktu dan memperkecil biaya rekrutmen perusahaan untuk mendapatkan tenaga ahli K3 sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Hadiningrum, K., 2003, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Triyono, A., 2014, "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Community Development Program Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) PT. Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap," Cilacap.

Jovan, M. G. and Braticevic, M., System and Method for Client Site Rendering of a Webpage, U.S. Patent Application No. 11/117,738..

Widodo, Y. B., Anindya, A., and Sutabri, T., "Pengembangan Aplikasi E-Reimbursement Karyawan Berbasis Android Pada PT Bringin Inti Teknologi," Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, vol. 7, no. 2, pp. 120-131, 2021.

Sutabri, T., Analisis Sistem Informasi, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2012.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i2.5936

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.