PERANCANGAN APLIKASI MANAJEMEN DATA BEASISWA PADA KEMAHASISWAAN UNISKA BANJARMASIN

Muhammad Saidi Rahman, Yusup Indra Wijaya

Abstract


Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Di UNISKA MAB Banjarmasin menyediakan beberapa pilihan beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa baru seperti beasiswa KIP Kuliah, beasiswa Atlet, beasiswa Uniska Peduli, dan beasiswa Hafidz Al-Qur'an. Proses pengajuan beasiswa di UNISKA MAB Banjarmasin dikelola oleh bagian Kemahasiswaan yang berada di bawah dari tanggung jawab Wakil Rektor III. Saat ini, proses pengajuan beasiswacmasih dilakukan secara manual, berkas-berkas persyaratan dalam pengajuan beasiswa ini dikumpulkan oleh calon penerima beasiswa ke bagian kemahasiswaan. Lalu, diproses dan diinput ke dalam aplikasi Microsoft Excel untuk direkap. Metode penelitian ini menggunakan SDLC (System Development Life Cycles) dan untuk perancangan model sistemnya menggunakan UML (Unifiead Modelling Language). Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Framework CodeIgniter 3 dan database MySQL. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak kemahasiswaan untuk memanajemen dan memudahan dalam pengelolaan data beasiswa serta memudahkan calon penerima beasiswa dalam pengajuan beasiswa.


Full Text:

PDF

References


Anhar. (2010). PHP dan MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Darmawan, E., Kom, S., & Andri Ramdoni, A. R. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM). Nuansa Informatika.

Jogiyanto, & Hartono. (2009). Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Ofset.

Nasrulloh, S. F., & Sutisna, A. (2022). Pengembangan Learning Management System Perguruan Tinggi Berdasarkan Permendikbud No. 3 Tahun 2020. NUANSA INFORMATIKA.

Sari, M., Muflih, D. M., Al, M. A., & Banjarmasin, B. (2017). Sistem Informasi Manajemen Data Beasiswa Bidikmisi Pada Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (Uniska Mab) Banjarmasin. In Al Ulum Sains dan Teknologi (Vol. 2, Issue 2)

Septianti, D. (2017). Pengaruh Pemberian Beasiswa Bidik Misi Terhadap. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(02), 6–11.

Kurniawan, A., Solihin, F., & Hastarita, F. (2014). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pencarian Informasi Beasiswa dengan Menggunakan Cosine Similarity. Jurnal Simantec, 4(2).

Shodiq, M., Satoto, K. I., & Kridalukmana, R. (2013). SIMBES, Aplikasi Manajemen Beasiswa di Universitas Diponegoro Berbasis Framework Code Igniter dan MySQL. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 1(4), 86-92.

Safaat, Nazaruddin H, 2014, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung, Informatika.

Wahyudi, B. (2010). Perancangan Sistem. Bandung: Informatika.

Wati, D. P., Zakaria, Y., & Nasrulloh, S. F. (2020). CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DESIGN FOR PARENT SERVICE WEBSITE BASED IN STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN. NUANSA INFORMATIKA.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i2.6006

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.