PERANCANGAN APLIKASI E-MARKET UNTUK MAHASISWA BERBASIS WEB

  • Lilis Anggraini Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Abstract

E-Market adalah sebuah tempat bertemunya seller dan buyer secara online yang memiliki manfaat diantaranya, dapat memperluas jaringan dan peningkatan penjualan khususnya bagi usaha kecil dan usaha mandiri yang memiliki modal menengah ke bawah atau wira usaha yang baru sedang merintis bisnis atau usahanya. Pada era 4.0 setiap perguruan tinggi akan mencetak mahasiswa terbaik dibidangnya dengan harapan semuanya memiliki kesuksesan, sekarang ini mahasiswa sudah memiliki akses jejaring yang luas baik di media sosial atau di kehidupan sehari-hari dengan masyarakat dan ini menjadi salah satu langkah yang baik bagi mahasiswa dapat belajar dan mengexplor diri untuk mengembangkan karir baik ini akan menjadi usaha utama atau menjadi pekerjaan tambahan untuk mendapat penghasilan lebih dengan melakukan kegiatan perdagangan yang sudah bisa digunakan pada Platform digital pasar seperti e-market dalam proses jual dan belinya. Dengan adanya sebuah perancangan aplikasi E-market diharapkan dapat mempermudah dalam proses jual beli, penyimpanan data yang mudah diakses serta adanya tingkat kepercayaan yang tinggi baik oleh pembeli atau penjual yang mana mahasiswa bisa menjadi penjual yang memiliki integritas dalam berbisnis.

References

Drucker, Peter.F, 1999. Manajemen: Tugas, Tanggung Jawab dan Praktek, Jakarta: PT Gramedia

Jogiyanto. 2013. Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan tertruktur teori dan praktik aplikasi bisnis.Andi Offset. Yogyakarta

Ollie. 2008. Membuat Toko Online dengan Multiply. Jakarta: Media Kita.

Kodong, F. R., Kaswidjanti, W., & Setiyawan, A. (2012). Model Aplikasi E-Market Sebagai Sarana Promosi Dan Tukar Menukar Informasi. Telematika, 8 (2), 75–84

Scarborough, Norman., Wilson, Doug., Zimmerer, Thomas. 2008. Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba empat.

Kadir, Abdul, 2009, Dasar Perancangan & Iimplementasi Database Relational, Andi, Yogyakarta.

Kurniawan, Yohanes., 2010 E-Marketing Sebagai Alat Bantu Dalam Memperluas Segmen Pasar.

Published
2022-07-08
Section
Articles