APLIKASI PENGOLAHAN DATA PENDISTRIBUSIAN BLUE GAS DI PD. LAKSANA KUNINGAN

dede Irawan

Abstract


Abstrak

Pada zaman sekarang ini perkembangan dunia teknologi semakin berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah perkembangan teknologi komputerisasi dalam dunia kerja yang menuntut seseorang untuk bisa menggunakan komputer. Pemanfaatan teknologi komputerisasi dalam dunia kerja saat ini semakin berkembang dan mengalami kemajuan, terbukti dengan penggunaan komputer hampir di semua instansi, baik instansi pemerintahan maupun swasta. Pemanfaatan teknologi komputerisasi ini belum dimanfaatkan secara maksimal, kebanyakan teknologi komputer hanya digunakan untuk pembuatan surat menyurat, pembuatan laporan maupun penyimpanan file-file yang biasa saja, bukan pada aplikasi khusus yang dipergunakan untuk keperluan yang khusus pula. Informasi yang di butuhkan dapat lebih mudah didapat dan memudahkan dalam pelaporan, Oleh karena itu penulis mencoba unutk membuat suatu komputerisasi pengolahan data pada Agen Pendistribusian Blue Gas dengan menggunakan suatu teknologi komputer berbasis database dengan menggunakan bahasa pemograman visual basic sebagai bahasa pemograman dan SQL server 2000 sebagai database nya.

Membuka sebuah bisnis dibidang pendistribusian blue gas sangat menguntungkan karena di zaman sekarang banyak orang yang ingin memasak dengan cepat dan tidak ingin membutuhkan tenaga untuk menyalakan kompor minyak. Jadi membuka sebuah bisnis dibidang pendistribusian blue gas akan banyak menguntungkan baik penjual ataupun pembeli, apalagi sekarang seluruh ibu rumah tangga di sarankan oleh Pemerintah harus menggunakan gas untuk memasak. Dan bisnis gas dimasa-masa yang akan datang akan lebih meningkat dibandingkan sekarang, karena lihat saja di sekeliling tempat tinggal kita sudah banyak sekali orang yang menggunakan kompor gas.

Di PD Laksana kuningan sistem yang berjalan sekarang ini masih menggunakan sistem manual, contohnya pengecekan barang masih dilakukan secara mengecek seminggu sekali pengecekan, pencatatan transaksi masih ditulis tangan, arsip-arsip masih tersimpan dimana-mana. Dengan sistem yang berjalan di PD Laksana Kuningan sekarang ini mengakibatkan banyak pegawai kebingungan dan membuat pegawai kesulitan untuk mengecek barang-barang yang tersedia di gudang sehingga dibuatlah sebuah aplikasi untuk menangani masalah diatas.

Kata kunci : Visual Basic 6.0, SQL Server 2.000, Distribusi, Blue Gas, Database.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.