RANCANG BANGUN APLIKASI DIREKTORI MUSIK TRADISIONAL DAERAH DI KABUPATEN KUNINGAN

Panji Novantara

Abstract


Abstrak

Kesenian Musik Daerah merupakan musik ciri khas daerah yang perlu dilestarikan sebagai seni budaya lokal kabupaten kuningan. Hal ini tentunya sangat disayangkan apabila hasil dari karya karyanya tidak dikenal oleh para konsumen penikmat musik indonesia, baik di pasaran industri musik nasional dan internasional. Keragaman musik daerah di indonesia sangatlah beragam dan salah satunya kabupaten kuningan yang memiliki cukup banyak kesenian musik daerah daerah yang cukup banyak.

Dalam Penelitian yang saya buat, saya menganalisa tentang suatu layanan sistem online yang berfungsi untuk mempromosikan dan mengenalkan Kesenian musik daerah kepada public/user dimana media promosi yang digunakan adalah melalui media internet yang diimplementasikan melalui website yang dikemas secara interaktif dan userfriendly. Pemilihan objek penelitian dilakukan karena perkembangan jumlah kesenian musik daerah yang terus bertambah sekaligus membutuhkan pendistribusian dan promosi mengenai karya karya musik daerah tersebut di kalangan masyarakat penikmat musik yang ada di indonesia dan internasional, serta kurang dibantunya penyebaran promo mengenai kesenian musik daerah yang akan dipublikasikan ke masyarakat umum, dan sekaligus mempercepat penyebaran informasi mengenai promosi musik kesenian daerah.

Untuk itu dirancanglah Aplikasi Direktori Kesenian Musik Daerah berbasis web agar dapat membantu bagi para pelaku seni musik daerah itu agar dapat dikenal lebih jauh oleh para penggemarnya, juga memudahkan bagi konsumen dan penikmat musik daerah yang ingin mencari daftar lagu, profile musik, pencipta lagu, seni musik daerah kabupaten kuningan.

Kata kunci : Aplikasi Direktori Kesenian Musik Daerah, Berbasis Web


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.