Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Komputer Dan Kuis Pilihan Ganda Berbasis Web
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun apalikasi media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran TIK dengan topik pengenalan komputer. Aplikasi ini dibuat sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas XI MTs Al Ma’Mur Ciawigajah. Aplikasi media pembelajaran berbasis flash dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran bagi siswa. Metode yang digunakan dalam merancang dan membangun aplikasi menggunakaan metode waterfall, terdiri dari lima tahap yaitu Requirement Analisis, System Design, Implementation, Integration & Testing dan Operation & Maintenance. Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian aplikasi, bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan, dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran siswa. Fitur kuis yang terdapat pada aplikasi pembelajaran dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi guru dalam memberikan penilaian hasil belajar siswa.
Kata kunci : Media, Pembelajaran, Flash, Komputer, Aplikasi
References
Abdulrahman, H 2014. Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara kredit pada Bank Yudha Bhakti. [Online]. Tersedia : http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/114. [2 Desember 2014]
Hasyim, N 2014. Rancang Bangun Sistem Koperasi Berbasis Web pada Koperasi Warga Baru MTs N 17 Jakarta. [Online]. Tersedia : http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/2172. [17 Juni 2014]
Indra, C 2012. Penggunaan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas XI SMA N 1 Godean [Online]. Tersedia : http://core.ac.uk/download/pdf/33525780.pdf. [12 Desember 2012]
Oktaviani, L 2017. Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV berbasis Multimedia. [Online]. Tersedia : http://repository.upy.ac.id/1466/. [29 Agustus 2017]
Syahroel, A 2014. Pengertan Context Diagram Beserta Simbolnya. [Online]. Tersedia : http://waodeanhas.blogspot.com/2015/04/pengertian-context-diagram-beserta.html. [1 April 2015]
Rafiqi, D 2016. Pengertian dan Simbol DFD (Data Flow Diagram). [Online]. Tersedia : https://rafibanget.blogspot.com/2017/12/pengertian-dan-simbol-dfd.html. [2 Desember 2017]
Seriilmu, B 2018. Pengertian Entity Relationship Diagram (ERD) dan Simbol ERD dan bentuk Kardinalitas. [Online]. Tersedia : http://serilmu.blogspot.com/2018/11/pengertian-entity-relationship-diagram.html. [12 November 2018]
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke JEJARING jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini memindahkan setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk JEJARING. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk materi yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan tugas ini. Formulir transfer hak cipta akan dikirim melalui email sebelum artikel dipublikasikan.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang bersangkutan, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.