Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Komputer Dan Kuis Pilihan Ganda Berbasis Web

Intan Permatasari, Nunu Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun apalikasi media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran TIK dengan topik pengenalan komputer. Aplikasi ini dibuat sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas XI MTs Al Ma’Mur Ciawigajah. Aplikasi media pembelajaran berbasis flash dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran bagi siswa. Metode yang digunakan dalam merancang dan membangun aplikasi menggunakaan metode waterfall, terdiri dari lima tahap yaitu Requirement Analisis, System Design, Implementation, Integration & Testing dan Operation & Maintenance. Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian aplikasi, bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan, dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran siswa. Fitur kuis yang terdapat pada aplikasi pembelajaran dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi guru dalam memberikan penilaian hasil belajar siswa.

 

Kata kunci : Media, Pembelajaran, Flash, Komputer, Aplikasi


References


Abdulrahman, H 2014. Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara kredit pada Bank Yudha Bhakti. [Online]. Tersedia : http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/114. [2 Desember 2014]

Hasyim, N 2014. Rancang Bangun Sistem Koperasi Berbasis Web pada Koperasi Warga Baru MTs N 17 Jakarta. [Online]. Tersedia : http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/2172. [17 Juni 2014]

Indra, C 2012. Penggunaan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas XI SMA N 1 Godean [Online]. Tersedia : http://core.ac.uk/download/pdf/33525780.pdf. [12 Desember 2012]

Oktaviani, L 2017. Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV berbasis Multimedia. [Online]. Tersedia : http://repository.upy.ac.id/1466/. [29 Agustus 2017]

Syahroel, A 2014. Pengertan Context Diagram Beserta Simbolnya. [Online]. Tersedia : http://waodeanhas.blogspot.com/2015/04/pengertian-context-diagram-beserta.html. [1 April 2015]

Rafiqi, D 2016. Pengertian dan Simbol DFD (Data Flow Diagram). [Online]. Tersedia : https://rafibanget.blogspot.com/2017/12/pengertian-dan-simbol-dfd.html. [2 Desember 2017]

Seriilmu, B 2018. Pengertian Entity Relationship Diagram (ERD) dan Simbol ERD dan bentuk Kardinalitas. [Online]. Tersedia : http://serilmu.blogspot.com/2018/11/pengertian-entity-relationship-diagram.html. [12 November 2018]




DOI: https://doi.org/10.25134/jejaring.v5i1.3544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEJARING (Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika)
p-ISSN 2527-3930 , e-ISSN 2614-5448

Organized by:
Program Studi Manajemen Informatika DIII
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan

Address: Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513
Website: http://journal.uniku.ac.id/index.php/jejaring
E-mail: [email protected]


Lisensi Creative Commons
JEJARING is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.