Rancang Bangun E-Commerce pada Pemasaran Jeans Berbasis CRM pada Model B2B
Abstract
Rancang Bangun merupakan kegiatan menerjemahkan hasil analisa ke dalam bentuk paket perangkat lunak kemudian menciptakan sistem tersebut ataupun memperbaiki sistem yang sudah ada. Cv Cheblack yang bergerak dalam dunia fashion dalam pembuatan celana jeans, yang mempunyai banyak pelanggan-pelanggan di dearah Majalengka maupun di luar kota Majalengka, masih menerapkan pemasaran atau penjualan secara manual, sehigga pelanggan tidak mengetahui model celana yang akan di buat selanjut nya. karena dalam dunia fashion perubahan model trend sangatlah cepat, dan belum adanya sistem online yang mempermudahkan pelanggan Cv Cheblack untuk melakukan transaksi, dan pelanggan belum bisa melihat stok celana, laporan yang ada pun belum bisa dibuat dengan data yang akurat dan aktual. Metode yang digunakan untuk merancang sistem E-Commerce pada Cv Cheblack menggunakan metode CRM yang berguna untuk membentuk hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, dimana Cv.Cheblack dapat mengetahui kebutuhan pelanggan dan menyediakan pilihan produk atau layanan yang sesuai dengan permintaan mereka. Teknik pengembangan sistem yang dibangun mengacu pada model Waterfall. Waterfall memiliki beberapa tahapan dalam membangun suatu system salah satunya adalah tahapan analisis, desain, coding, testing dan maintenance. Tahapan tersebut saling berkesinambungan dan berulang hingga membentuk alur yang terstruktur. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu memperluas pemasaran, sehingga Cv Cheblack dapat menjadi lebih maju dari pada sebelumnya.
Kata Kunci : Rancang. Bangun. E-Commerce. Pemasaran. Customer.
References
Onno W. Purbo, Dkk, Mengenal eCommerce,
Elex Media Komputindo, Jakarta, 2001
M. Suyanto, 2003, Strategi Periklanan Pada e-
Commerce Perusahaan Top Dunia, ANDI Yogyakarta.
McLeod Pearson. 2008. Sistem Informasi
Manajemen. Salemba .Jakarta
Jony Wong 2010 : 33 internet Marketing For
Beginers. PT Elex Media Komputido Jakarta.
Shely Chasmaan Thomson.2007 Sistem
Informasi Manajemen. Salemba Jakarta.
Pressman, R.S,.Rekayasa Perangkat Lunak,
Pendekatan Buku Satu, Diterjemahkan oleh:
Harnaningrum L.N.,Andi Yogyakarta.
Kalakota,R. dan Robinson, M (2001), E-Business
0 Road For Succes, Massachusetts: Andision Wesley
Logman Inc.
Butler, S. (2000) ‘ Changing the game : CRM in
the e-World’ , Journal of Business Strategy,
March/April, Vol.21, no.2 , pp 13-15
Widjaja, A. Tunggal. 2000, Konsep Dasar
Customes Relationship Management (CRM).
Harvarindo, Jakarta.
Hartono M, Jogiyanto, (2004),Pengenalan
komputer,Yogyakarta: Andi
Prasetyo, Dwi, Didik (2004), Solusi
Pemograman Berbasis Web Menggunakan PHP 5,
Jakarta, Elex Media Komputindo
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke JEJARING jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini memindahkan setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk JEJARING. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk materi yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan tugas ini. Formulir transfer hak cipta akan dikirim melalui email sebelum artikel dipublikasikan.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang bersangkutan, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.