Rancang Bangun E-Commerce pada Pemasaran Jeans Berbasis CRM pada Model B2B
Abstract
Rancang Bangun merupakan kegiatan menerjemahkan hasil analisa ke dalam bentuk paket perangkat lunak kemudian menciptakan sistem tersebut ataupun memperbaiki sistem yang sudah ada. Cv Cheblack yang bergerak dalam dunia fashion dalam pembuatan celana jeans, yang mempunyai banyak pelanggan-pelanggan di dearah Majalengka maupun di luar kota Majalengka, masih menerapkan pemasaran atau penjualan secara manual, sehigga pelanggan tidak mengetahui model celana yang akan di buat selanjut nya. karena dalam dunia fashion perubahan model trend sangatlah cepat, dan belum adanya sistem online yang mempermudahkan pelanggan Cv Cheblack untuk melakukan transaksi, dan pelanggan belum bisa melihat stok celana, laporan yang ada pun belum bisa dibuat dengan data yang akurat dan aktual. Metode yang digunakan untuk merancang sistem E-Commerce pada Cv Cheblack menggunakan metode CRM yang berguna untuk membentuk hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, dimana Cv.Cheblack dapat mengetahui kebutuhan pelanggan dan menyediakan pilihan produk atau layanan yang sesuai dengan permintaan mereka. Teknik pengembangan sistem yang dibangun mengacu pada model Waterfall. Waterfall memiliki beberapa tahapan dalam membangun suatu system salah satunya adalah tahapan analisis, desain, coding, testing dan maintenance. Tahapan tersebut saling berkesinambungan dan berulang hingga membentuk alur yang terstruktur. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu memperluas pemasaran, sehingga Cv Cheblack dapat menjadi lebih maju dari pada sebelumnya.
Kata Kunci : Rancang. Bangun. E-Commerce. Pemasaran. Customer.
Full Text:
PDFReferences
Onno W. Purbo, Dkk, Mengenal eCommerce,
Elex Media Komputindo, Jakarta, 2001
M. Suyanto, 2003, Strategi Periklanan Pada e-
Commerce Perusahaan Top Dunia, ANDI Yogyakarta.
McLeod Pearson. 2008. Sistem Informasi
Manajemen. Salemba .Jakarta
Jony Wong 2010 : 33 internet Marketing For
Beginers. PT Elex Media Komputido Jakarta.
Shely Chasmaan Thomson.2007 Sistem
Informasi Manajemen. Salemba Jakarta.
Pressman, R.S,.Rekayasa Perangkat Lunak,
Pendekatan Buku Satu, Diterjemahkan oleh:
Harnaningrum L.N.,Andi Yogyakarta.
Kalakota,R. dan Robinson, M (2001), E-Business
0 Road For Succes, Massachusetts: Andision Wesley
Logman Inc.
Butler, S. (2000) ‘ Changing the game : CRM in
the e-World’ , Journal of Business Strategy,
March/April, Vol.21, no.2 , pp 13-15
Widjaja, A. Tunggal. 2000, Konsep Dasar
Customes Relationship Management (CRM).
Harvarindo, Jakarta.
Hartono M, Jogiyanto, (2004),Pengenalan
komputer,Yogyakarta: Andi
Prasetyo, Dwi, Didik (2004), Solusi
Pemograman Berbasis Web Menggunakan PHP 5,
Jakarta, Elex Media Komputindo
DOI: https://doi.org/10.25134/jejaring.v6i2.6738
DOI (PDF): https://doi.org/10.25134/jejaring.v6i2.6738.g3292
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JEJARING (Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika)
p-ISSN 2527-3930 , e-ISSN 2614-5448
Organized by:
Program Studi Manajemen Informatika DIII
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan
Address: Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513
Website: http://journal.uniku.ac.id/index.php/jejaring
E-mail: [email protected]
JEJARING is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.