Implementasi Algoritma Euclides pada Model Pembelajaran Latihan FPB dan KPK Berbasis Android
Abstract
Hasil Penelitian penulis tentang “Implementasi Algoritma Euclides Pada Model Pembelajaran Latihan FPB Dan KPK Berbasis Android” merupakan alternatif baru yang dapat diterapkan untuk menentukan FPB dan KPK dengan cara yang lebih efektif. Untuk memenuhi alternatif tersebut dirancang sebuah aplikasi yang bisa membantu siswa dalam mencari nilai FPB dan KPK dari sebuah bilangan. Seiring pesatnya perkembangan jaman tekhnologi-tekhnologi diciptakan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak salah satunya kebutuhan dalam pembelajaran. Atas dasar inilah aplikasi yang saya rancang sudah bisa digunakan di Smartphone yang kebanyakan masyarakat mulai dari anak kecil, dewasa dan tua sudah menggunakanya, serta minat yang sangat tinggi dari anak-anak terhadap tekhnologi Smartphone menjadi suatu alasan penulis melakukan penelitian ini. Dengan syarat Smartphone tersebut sudah menggunakan System Operasi Android. Dengan harapan aplikasi ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh anak-anak.
Kata Kunci : Algoritma Euclides, Aplikasi pembelajaran FPB dan KPK, Android
References
Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi
Mata Pelajaran Matematika
Sekolah Menengah Pertama&
Madrasah Tsanawiyah. Jakarta:
Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi
Mata PelajaranKelas I s/d VI
Sekolah Dasardan Madrasah
Ibtidaiyah. Jakarta: Kloang Klede
Putra Timur.
Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan
Kurikulumdan Pembelajaran
Matematika. JurusanMatematika
FMIPA: UM.
Muhsetyo Gatot, 1997. Dasar-dasar Teori
Bilangan. Depdikbud: Jakarata
Mulyadi. 2010. Membuat Aplikasi Untuk
Android. Yogyakarta: Multimedia
Center.
Munawar. 2005. Pemodelan visual dengan
UML. Jakarta: GrahaIlmu.
NazruddinSafaat H., M.T.2011.
Pemograman Aplikasi Mobile
Smartphone danTablet PC Berbasis
Android. Bandung: Informatika.
Pemrograman Aplikasi Mobile
Smartphone Dan Tablet PC
Berbasis Android. Bandung:
Informatika.
Aplikasi Berbasis Android. Bansung:
Informatika.
Rosa A.S, M. Shalahuddin. 2011. Modul
Pembelajaran Rekayasa
Peperangkat Lunak (Terstruktur
dan BerorientasiObjek). Bandung:
Modula.
Supardi Yuniar. 2011. Semua Bisa
Menjadi Programmer Android.
Jakarta: Elex Media Komputindo.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan
Matematika di Indonesia:
Konstatasi Keadaan Masa Kini
Menuju Harapan Masa Depan.
Jakarta: Balai Pustaka.
Sukirman, 2006. Pengantar Teori
Bilangan. Hanggar Kreator:
Yogyakarta
Surya Yohanes, 2006. Matematika itu
Asyik. PT Arman delta Selaras:
Jakarta
Suryadi, 2009. KBK dan FPB dengan
Metode Ebik. Blog.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke JEJARING jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini memindahkan setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk JEJARING. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk materi yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan tugas ini. Formulir transfer hak cipta akan dikirim melalui email sebelum artikel dipublikasikan.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang bersangkutan, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.