Implementasi Algoritma Euclides pada Model Pembelajaran Latihan FPB dan KPK Berbasis Android

Panji Novantara, Anggun Apriani

Abstract


Hasil Penelitian penulis tentang “Implementasi Algoritma Euclides Pada Model Pembelajaran Latihan FPB Dan KPK Berbasis Android” merupakan alternatif baru yang dapat diterapkan untuk menentukan FPB dan KPK dengan cara yang lebih efektif. Untuk memenuhi alternatif tersebut dirancang sebuah aplikasi yang bisa membantu siswa dalam mencari nilai FPB dan KPK dari sebuah bilangan. Seiring pesatnya perkembangan jaman tekhnologi-tekhnologi diciptakan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak salah satunya kebutuhan dalam pembelajaran. Atas dasar inilah aplikasi yang saya rancang sudah bisa digunakan di Smartphone yang kebanyakan masyarakat mulai dari anak kecil, dewasa dan tua sudah menggunakanya, serta minat yang sangat tinggi dari anak-anak terhadap tekhnologi Smartphone menjadi suatu alasan penulis melakukan penelitian ini. Dengan syarat Smartphone tersebut sudah menggunakan System Operasi Android. Dengan harapan aplikasi ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh anak-anak.

Kata Kunci : Algoritma Euclides, Aplikasi pembelajaran FPB dan KPK, Android


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi

Mata Pelajaran Matematika

Sekolah Menengah Pertama&

Madrasah Tsanawiyah. Jakarta:

Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi

Mata PelajaranKelas I s/d VI

Sekolah Dasardan Madrasah

Ibtidaiyah. Jakarta: Kloang Klede

Putra Timur.

Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan

Kurikulumdan Pembelajaran

Matematika. JurusanMatematika

FMIPA: UM.

Muhsetyo Gatot, 1997. Dasar-dasar Teori

Bilangan. Depdikbud: Jakarata

Mulyadi. 2010. Membuat Aplikasi Untuk

Android. Yogyakarta: Multimedia

Center.

Munawar. 2005. Pemodelan visual dengan

UML. Jakarta: GrahaIlmu.

NazruddinSafaat H., M.T.2011.

Pemograman Aplikasi Mobile

Smartphone danTablet PC Berbasis

Android. Bandung: Informatika.

Pemrograman Aplikasi Mobile

Smartphone Dan Tablet PC

Berbasis Android. Bandung:

Informatika.

Aplikasi Berbasis Android. Bansung:

Informatika.

Rosa A.S, M. Shalahuddin. 2011. Modul

Pembelajaran Rekayasa

Peperangkat Lunak (Terstruktur

dan BerorientasiObjek). Bandung:

Modula.

Supardi Yuniar. 2011. Semua Bisa

Menjadi Programmer Android.

Jakarta: Elex Media Komputindo.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan

Matematika di Indonesia:

Konstatasi Keadaan Masa Kini

Menuju Harapan Masa Depan.

Jakarta: Balai Pustaka.

Sukirman, 2006. Pengantar Teori

Bilangan. Hanggar Kreator:

Yogyakarta

Surya Yohanes, 2006. Matematika itu

Asyik. PT Arman delta Selaras:

Jakarta

Suryadi, 2009. KBK dan FPB dengan

Metode Ebik. Blog.




DOI: https://doi.org/10.25134/jejaring.v6i2.6742

DOI (PDF): https://doi.org/10.25134/jejaring.v6i2.6742.g3296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEJARING (Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika)
p-ISSN 2527-3930 , e-ISSN 2614-5448

Organized by:
Program Studi Manajemen Informatika DIII
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan

Address: Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513
Website: http://journal.uniku.ac.id/index.php/jejaring
E-mail: [email protected]


Lisensi Creative Commons
JEJARING is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.