Penerapan Customer Relationship Management Analitycal Menggunakan Query analyzer pada penjualan berbasis Online

Dede Irawan, Putri Maulin Merdekawati

Abstract


Kehadiran teknologi berbasis komputer diberbagai bidang sangat banyak memberikan kemudahan yang berarti. Sehingga setiap kegiatan yang berhubungan dengan jalannya usaha akan lebih cepat dan tepat. OutVin Store merupakan toko online yang menjual segala jenis fashion wanita yang penjulannya masih melalui aplikasi BBM sehingga pembelian dan penjualan terbatas serta penyimpanan data yang masih manual menuntut untuk dirancang dan dibuatkan toko online berbasis website dan penyimpanan data yang terkomputerisasi. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem komputerisasi yang dapat menanggulangi proses penjualan dan pembelian serta penyimpanan data sehingga penjualan dan pembelian bisa mencakup wilayah yang lebih luas serta data lebih aman. Maka digunakan metode customer relationship management yaitu manajemen hubungan pelanggan yang mengatur dan mencari cara bagaimana agar bisa memuaskan konsumen sehingga konsumen lebih luas dan menerapkannya ke website yang bisa membuat proses jual beli lebih luas. Sistem dirancang dengan menggunakan diagam konteks, flowmap, DFD level 0, DFD level 1 dan ERD. Sistem ini mengelola data barang, data jual beli, dan data konsumen. Di dalam sistem, CRM Analitycal diterapkan dalam laporan order, lapoan fashion mana yang paling banyak dibeli, laporan wilayah yang paling banyak melakukan transaksi dan laporan konsumen mana saja yang paling banyak melakukan transaksi. Hasil perancangan diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Sistem ini dapat memudahkan konsumen untuk berbelanja barang-barang di OutVin Store serta memudahkan pemiliknya untuk menyimpan dan mengolah data-data yang ada.

Kata kunci : Customer Relationship Management, Customer Relationship Management Analatycal Teknologi, Penerapan, Manajemen Hubungan Pelanggan, Sistem Informasi.


Full Text:

PDF

References


- Arief, MR. 2012. Pemrograman Basis

Dtata Menggunakan Transact SQL

menggunakan SQL Server 2000.

Yogyakarta. CV.Andi.

- Buttle,Francis. 2009. Customer

Relationship Management (Manajemen

Hubungan Pelanggan), Concept and Tools,

Elsier Ltd. Dialihbahasakan oleh Arief

Subiyanto, Bayumedia Publishing.

- Gustavie, Moehammad. (2012). Kelebihan

dan Kekurangan Toko Online.

[Online].Tersedia:http://ekonomi.kompasia

na.com/bisnis/2012/02/22/Kelebihan-dankekurangan-

toko-online-441173.html [25

Februari 2015].

- Harsono,H. 2002. Implementasi Kebijakan

dan Politik. Bandung : PT.Mutiara Sumber

Widya.

- Kadir,A. 2003. Perancangan Sistem

Informasi. Yogyakarta. CV Andi.

- Madcoms.2009.Menguasai

XHTML,CSS,PHP & MySQL melalui

Dreamweaver.Madiun.CV Andi.

- Purnomo, Eko. (2015). Apa itu toko online

?. [online]. Tersedia : http://www.nulisilmu.

com/2015/02/apa-itu-oko-online.html

Februari 2015].

- Saputra, A.2012. Membangun Aplikasi

Toko Online dengan PHP dan SQL

Server.Jakarta.PT Elex Media

Komputindo.

- Sidik, Betha dan I. Pohan, Husni. 2012.

Pemrograman Web dengan HTML.

Bandung : Informatika Bandung.

- Sommerville, Ian. 2003. Software

Engineering (Rakayasa Perangkat Lunak).

Erlangga.

- Sugianto, Mikael. 2011. Microsoft Visio

Yogyakarta. CV Andi.

- Sumaryadi,, I Nyoman. 2005. Efektivitas

Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah.

Jakarta : Citra Utama.

- Sutadji, Deni. 2012. Sistem Inventory Mini

Market dengan PHP dan Jquery.

Yogyakarta : Lokomedia

- Sutedjo Darma Oetomo, Budi. 2006.

Perencanaan dan Pembangunan Sistem

Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.

- S Pressman, R.2010. Rekayasa Perangkat

Lunak. Yogyakarta.CV Andi.

- S. Rossa. A dan Salahudin. M. 2013.

Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan

Beroerientasi Objek. Bandung :

Informatika.

- Wahana.2013.MobileWeb Development

dan Adobe Dreamweaver

CS6.Semarang.CV Andi.




DOI: https://doi.org/10.25134/jejaring.v7i1.6746

DOI (PDF): https://doi.org/10.25134/jejaring.v7i1.6746.g3300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEJARING (Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika)
p-ISSN 2527-3930 , e-ISSN 2614-5448

Organized by:
Program Studi Manajemen Informatika DIII
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan

Address: Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513
Website: http://journal.uniku.ac.id/index.php/jejaring
E-mail: [email protected]


Lisensi Creative Commons
JEJARING is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.