Penerapan Customer Relationship Management Analitycal Menggunakan Query analyzer pada penjualan berbasis Online
Abstract
Kehadiran teknologi berbasis komputer diberbagai bidang sangat banyak memberikan kemudahan yang berarti. Sehingga setiap kegiatan yang berhubungan dengan jalannya usaha akan lebih cepat dan tepat. OutVin Store merupakan toko online yang menjual segala jenis fashion wanita yang penjulannya masih melalui aplikasi BBM sehingga pembelian dan penjualan terbatas serta penyimpanan data yang masih manual menuntut untuk dirancang dan dibuatkan toko online berbasis website dan penyimpanan data yang terkomputerisasi. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem komputerisasi yang dapat menanggulangi proses penjualan dan pembelian serta penyimpanan data sehingga penjualan dan pembelian bisa mencakup wilayah yang lebih luas serta data lebih aman. Maka digunakan metode customer relationship management yaitu manajemen hubungan pelanggan yang mengatur dan mencari cara bagaimana agar bisa memuaskan konsumen sehingga konsumen lebih luas dan menerapkannya ke website yang bisa membuat proses jual beli lebih luas. Sistem dirancang dengan menggunakan diagam konteks, flowmap, DFD level 0, DFD level 1 dan ERD. Sistem ini mengelola data barang, data jual beli, dan data konsumen. Di dalam sistem, CRM Analitycal diterapkan dalam laporan order, lapoan fashion mana yang paling banyak dibeli, laporan wilayah yang paling banyak melakukan transaksi dan laporan konsumen mana saja yang paling banyak melakukan transaksi. Hasil perancangan diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Sistem ini dapat memudahkan konsumen untuk berbelanja barang-barang di OutVin Store serta memudahkan pemiliknya untuk menyimpan dan mengolah data-data yang ada.
Kata kunci : Customer Relationship Management, Customer Relationship Management Analatycal Teknologi, Penerapan, Manajemen Hubungan Pelanggan, Sistem Informasi.
Full Text:
PDFReferences
- Arief, MR. 2012. Pemrograman Basis
Dtata Menggunakan Transact SQL
menggunakan SQL Server 2000.
Yogyakarta. CV.Andi.
- Buttle,Francis. 2009. Customer
Relationship Management (Manajemen
Hubungan Pelanggan), Concept and Tools,
Elsier Ltd. Dialihbahasakan oleh Arief
Subiyanto, Bayumedia Publishing.
- Gustavie, Moehammad. (2012). Kelebihan
dan Kekurangan Toko Online.
[Online].Tersedia:http://ekonomi.kompasia
na.com/bisnis/2012/02/22/Kelebihan-dankekurangan-
toko-online-441173.html [25
Februari 2015].
- Harsono,H. 2002. Implementasi Kebijakan
dan Politik. Bandung : PT.Mutiara Sumber
Widya.
- Kadir,A. 2003. Perancangan Sistem
Informasi. Yogyakarta. CV Andi.
- Madcoms.2009.Menguasai
XHTML,CSS,PHP & MySQL melalui
Dreamweaver.Madiun.CV Andi.
- Purnomo, Eko. (2015). Apa itu toko online
?. [online]. Tersedia : http://www.nulisilmu.
com/2015/02/apa-itu-oko-online.html
Februari 2015].
- Saputra, A.2012. Membangun Aplikasi
Toko Online dengan PHP dan SQL
Server.Jakarta.PT Elex Media
Komputindo.
- Sidik, Betha dan I. Pohan, Husni. 2012.
Pemrograman Web dengan HTML.
Bandung : Informatika Bandung.
- Sommerville, Ian. 2003. Software
Engineering (Rakayasa Perangkat Lunak).
Erlangga.
- Sugianto, Mikael. 2011. Microsoft Visio
Yogyakarta. CV Andi.
- Sumaryadi,, I Nyoman. 2005. Efektivitas
Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah.
Jakarta : Citra Utama.
- Sutadji, Deni. 2012. Sistem Inventory Mini
Market dengan PHP dan Jquery.
Yogyakarta : Lokomedia
- Sutedjo Darma Oetomo, Budi. 2006.
Perencanaan dan Pembangunan Sistem
Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.
- S Pressman, R.2010. Rekayasa Perangkat
Lunak. Yogyakarta.CV Andi.
- S. Rossa. A dan Salahudin. M. 2013.
Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan
Beroerientasi Objek. Bandung :
Informatika.
- Wahana.2013.MobileWeb Development
dan Adobe Dreamweaver
CS6.Semarang.CV Andi.
DOI: https://doi.org/10.25134/jejaring.v7i1.6746
DOI (PDF): https://doi.org/10.25134/jejaring.v7i1.6746.g3300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JEJARING (Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika)
p-ISSN 2527-3930 , e-ISSN 2614-5448
Organized by:
Program Studi Manajemen Informatika DIII
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan
Address: Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513
Website: http://journal.uniku.ac.id/index.php/jejaring
E-mail: [email protected]
JEJARING is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.