Analisis Deteksi Fiscal illusion dengan Pendekatan Revenue Enchancement Pada Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Wilayah III Cirebon)

Neni Nurhayati

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui determinan kinerja keuangan sekaligus mendeteksi ilusi fiskal yang terjadi. Untuk tujuan ini, selanjutnya penelitian dilakukan pada pendapatan asli daerah sebagai instrumen determinan belanja daerah;. Dana alokasi umum, dana alokasi khusus, daya pajak dan belanja daerah sebagai instrumen determinan pendapatan asli daerah; dan PDRB, pajak daerah, Herfindahl Concentration Taxes, dana alokasi umum, dana alokasi khusus, dana bagi hasil dan lain – lain pendapatan daerah yang sah untuk mendeteksi ilusi fiskal.  Populasi Kabupaten/Kota se-Wilayah III Cirebon  yang berjumlah 5 Kabupaten/Kota. Dalam penelitian ini dilakukan analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dan statistik inferensial yang terdiri dari: uji asumsi klasik, analisis regresi linier berstruktur, analisis koefisien determinasi, uji F, Uji t dan analisis ilusi fiskal. Penelitian selama enam bulan dari bulan April sampai dengan September 2016. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara PDRB, retribusi, DAU, dan DBH dengan belanja daerah, sedangkan pajak memiliki hubungan yang negatif dan signifikan secara statistik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan terjadi ilusi fiskal pada kabupaten dan kota di wilayah III Cirebon.

 

Kata kunci: Fiscal Illusion, Revenue Enchancement, Keuangan Daerah

Full Text:

PDF

References


Bhakti, Adi. 2013. Deteksi Ilusi Fiscal Kabupaten/Kota Di Provinsi Jambi (Pengujian Perilaku Asimetris Pemerintah Daerah Dalam Merespon Dana Perimbangan). Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah Vol. 1 No. 2, Oktober 2013. Fakultas Ekonomi Universitas Jambi.

Kuncoro, Haryo. 2001. Tinjauan Literatur Ekonomi Politik dan Pengaruh Transfer ada Kinerja Keuangan Sektor Publik.

Kuncoro, Haryo, 2007, Perilaku Asimetris Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten AtasPerubahan Besaran Transfer dari Pemerintah Pusat, The 1st Accounting Conference Faculty of Economic Universitas Indonesia.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2009 Tentang Pedoman pengurusan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan daerah serta tata cara penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah, pelaksanaan tata usaha keuangan daerah dan penyusunan perhitungan anggaran pendapatan dan belanja daerah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, UU No.17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Undang-undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Undang-undang Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah

Priyo, Hari Adi & Ekaristi, Puspa Dewi. 2009. Fenomena Ilusi Fiskal Dalam Kinerja Anggaran Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Volume 6 – No. 1. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Oates, Wallace E. 1999. An Essay on Fiscal Federalism. Journal of Economic Literature Vol. XXXVII (September 1999) pp. 1120–1149




DOI: https://doi.org/10.25134/jrka.v3i2.1425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2015-2021 Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi p-ISSN 2442-4684 e-ISSN 2621-3265.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

JRKA Editorial Office:
Program Studi Akuntansi - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan
Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513, Indonesia
Phone/Whatsapp: +62 82295125060
Website: https://journal.uniku.ac.id/index.php/jrka
E-mail: [email protected]