KESIAPAN KERJA MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

Enung Nurhayati, Lia Dwi Martika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi etika, kompetensi pengetahuan, kompetensi kemampuan, kompetensi hubungan dan kompetensi analisis terhadap kesiapan kerja mahasiswa akuntansi baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif program studi akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan pada tahun 2017. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive, yaitu mahasiswa aktif program studi akuntansi Fakultas Ekonomi tingkat 3 dan 4. Analisis data menggunakan analisis regresi dilakukan dengan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi etika, kompetensi pengetahuan, kompetensi kemampuan, kompetensi hubungan, dan kompetensi analisis berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap kesiapan kerja mahasiswa dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN.

Kata kunci: Kompetensi etika, kompetensi pengetahuan, kompetensi kemampuan, kompetensi hubungan, kompetensi analisis, dan kesiapan kerja mahasiswa akuntansi

Full Text:

PDF

References


Abdul Ghofar, 2015. KKNI Program S1 Akuntansi dan International Education Standard. Tim KKNI PS S-1 Akuntansi IAI-KAPD

Agus Fitri Yanto. (2006). Ketidak Siapan Memasuki Duia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta. Dinamika Cipta

BPS. (2013). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 2004 2013. Diambil dari: http://www.bps.go.id

Dalyono. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Depnakertrans. (2003). UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Jakarta: Depnakertrans. Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia

Dewa Ketut. (1994). Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia

Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN. 2013. Cetak Biru Komunitas Ekonomi ASEAN. Jakarta: Kementrian Luar Negeri RI

Direktorat Jendral. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Downing, J., & Thackrey, D. 1971. Reading Readiness. London: The University of London

Hasibuan, Malayu S.P., 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Bumi Aksara. Jakarta

Herminanto Sofyan, 1992. Kesiapan Kerja Siswa STM di Jawa. Laporan Penelitian. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta

Ilya Avianti, 2015. Peluang dan Tantangan Akuntan di Era MEA. Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XVIII

International Accounting Education Standards Board. 2013. International Education Standards (IES). New York: The International Federation of Accountants

Madani Hatta, 2016. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kesiapan Mahasiswa Jurusan Akuntansi dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. http://gondata.feb.unila.ac.id

Putri sari nurhidayati, Kesiapan Kerja Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis UMY Menghadapi MEA 2016. http://repository.umy.ac.id

Robbins., Judge., dkk. 2009. Organizational Behavior. 13th Edition. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

______________(2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suttipun, Muttanachai. (2014). The Readiness of Thai Accounting Students for the ASEAN Economic Community: An Exploratory Study. Asian Journal of Business and Accounting. 7(2). Hlm. 139-157

Tri Hanani (2016), Evaluasi Kesiapan Kerja Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) 2015

Vera Diyanti, 2015. Pengembangan Kurikulum Akuntansi Sesuai Standar Internasional dan Kompetensi CA. Tim Penyusun KKNI PS S-1 Akuntansi IAI KAPD

www.iaiglobal.or.id , Memandang Profesi Akuntansi dari Perspektif Media.

www.worldbank.org. 2014. Jumlah Lulusan Program Studi Akuntansi dari Perguruan Tinggi se Indonesia




DOI: https://doi.org/10.25134/jrka.v4i2.1697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.