ANALISIS OPTIMALISASI PENERIMAAN DAERAH SEKTOR PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KABUPATEN KUNINGAN

Neni Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa potensi maupun kontribusi serta strategi optimalisasi sektor pariwisata dalam meningkatkan  Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Kuningan. Populasi dalam penelitian ini adalah PDRB Sektoral dihitung berdasarkan harga konstan Tahun 2000 serta data Laporan Realisasi Anggaran tahun 2011 sampai dengan 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi beberapa tahap yaitu dengan Location Quotient (LQ), analisis regresi berganda, dan SWOT analysis.

Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi optimalisasi yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan PAD dari sektor pariwisata adalah sebagai berikut: mengoptimalkan kolaborasi lembaga pengelola pariwisata, mengoptimalkan kegiatan pemasaran dan promosi pariwisata, kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait seperti desa, pemerintah daerah, swasta, intelektual, bahkan komunitas, serta membuat kawasan strategis pariwisata di Kabupaten Kuningan yang dikembangkan secara focus.

Kata kunci      : Pendapatan Asli Daerah, Kabupaten Kuningan, Pariwisata


Full Text:

PDF

References


Ana Pertiwi, Ni Luh Gede. 2014. Pengaruh Kunjungan Wisatawan, Retribusi Obyek Wisata dan PHR terhadap PAD Kabupaten Gianyar.E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. Vol.3, No.3, Maret 2014. Hal 115-123.

Felix, Olurankinse., (2012). Analisis Of The Effectiveness Of Ondo State, Journal of accounting and Taxtion.

Femy, Dkk. 2013.“Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Jumlah Obyek Wisata Dan Pendapatan Perkapita Terhadap Penerimaan Sektor Pariwisata Di Kabupaten Kudus”.

Ida, Dkk. 2016. “Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Penerimaan Pajak Hotel, Restoran, dan Pendapatan Retribusi Objek Wisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bangli Periode 2009-2015 ”.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, D.C. 2013. Pengaruh Jumlah Obyek Wisata, Jumlah Hotel, dan PDRB terhadap Retribusi Pariwisata Kabupaten/kota di Jawa Tengah. Economics Development Analysis Journal. Volume 2. No 4




DOI: https://doi.org/10.25134/jrka.v5i2.3392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2015-2021 Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi p-ISSN 2442-4684 e-ISSN 2621-3265.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

JRKA Editorial Office:
Program Studi Akuntansi - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan
Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513, Indonesia
Phone/Whatsapp: +62 82295125060
Website: https://journal.uniku.ac.id/index.php/jrka
E-mail: [email protected]