PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KEPEMILIKAN PUBLIK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Walid Rudianti, Yogka Arief Pratama, Atut Sugiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kepemilikan publik terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membuat checklist pengungkapan sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang bergerak di bidang transportasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2018. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan sedangkan kepemilikan manajerial, institusional dan publik tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan

Keywords: corporate social responsibility, managerial shares, institutional shares, public stocks, firm value.


Full Text:

PDF

References


Agustina, Silvia. (2013). Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Artikel Penelitian. Padang : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Adnantara, Komang Fridagustina. (2013). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan. Jurnal Buletin Studi Ekonomi. Vol 18 No. 2 hal. 107. Bali : Universitas Udayana.

Anggraini, Ririn Dwi. (2011). Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Asing terhadap Pengungkapan Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan dalam Annual Report (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Tercatat di BEI Tahun 2008-2009). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Bodie. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan dengan Kepemilikan Asing sebagai Variabel Moderating ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Semarang. Universitas Diponegoro.

Brigham, Eugene F. dan Joel F Houston. (2010). “ Dasar-Dasar Manajemen Keuangan”. Jakarta : Salemba Empat.

Dian, Fachrur dan Rika Lidyah. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusi terhadap Nilai Perusahaan .Jurnal Akuntansi. Palembang : Fakultas Ekonomi STIE MDP Palembang.

Diyah, Pujiati dan Widanar, Erman. (2011). “ Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan: Keputusan Keuangan sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Ventura, Vol.12. No. 1, Hal. 71-86.

Ghozali. (2010). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS cetakan IV. Semarang : Universitas Diponegoro.

Hadi, Nor. (2011). “Corporate Social Responsibility”. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Haruman, Tendi. (2010). Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak, 23-24 Juli.

Hasan, M. Iqbal. (2010). Pokok – Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif). Jakarta : PT Bumi Aksara.

Indrasti, Anita Wahyu dan Martini. (2014).Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Budi Luhur.

Jensen, Michael C. dan Meckling, W. (1976). Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure, Journal of Financial Economics. Vol 3: Hal. 305-360.

Nurlela, Rika dan Islahudin (2011), Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderting, Pontianak.

Permanasari, Wien Ika. (2010). Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusional dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Purba, Jan Horas V. 2004. Pengaruh Proporsi Saham Publik terhadap Kinerja Perusahaan (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta), Jurnal Ilmiah Ranggagading. Vol 4: Hal. 109—116.

Puspaningrum, Yustisia. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Putra, Rianto Adi. (2011). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Fakultas Bisnis : Universitas Kristen Duta Wacana.

Rawi, dan Munawar Muchlis. (2010). Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusi, Leverage dan Corporate Social Responsibility. Purwokerto.

Rustiarini, Ni Wayan. (2010). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Setyaningrum, Wahyuning Ambar. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Sofyaningsih, Sri dan Hardiningsih, Pancawati. (2011). Struktur Kepemilikan, Kebijakan Deviden, Kebijakan Utang dan Nilai Perusahaan, Dinamika Keuangan dan Perbankan. Vol 3 : Hal. 68-87.

Sujoko, dan Soebiantoro, Ugy. (2011). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Nilai Perusahaan ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur dan Non Manufaktur di Bursa Efek Jakarta), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 9 : Hal. 41-48.

Wahyudi, Untung dan Pawestri, Hartini Prasetyaning. (2010). Implikasi Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan : dengan Keputusan Keuangan sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang, 23-26 Agustus.

Wening, Kartikawati. (2010). “Pengaruh Kepemilikan Institusional terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan.




DOI: https://doi.org/10.25134/jrka.v6i2.4386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2015-2021 Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi p-ISSN 2442-4684 e-ISSN 2621-3265.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

JRKA Editorial Office:
Program Studi Akuntansi - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan
Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513, Indonesia
Phone/Whatsapp: +62 82295125060
Website: https://journal.uniku.ac.id/index.php/jrka
E-mail: [email protected]