Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Cirebon Sebelum dan Sesudah Mendapatkan Pembiayaan Syariah

Siti Jubaedah Rina Destiana

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan tulang punggung ekonomi bangsa yang telah terbukti tangguh menghadapi krisis moneter tahun 1998. Peningkatan peran UMKM dalam perekonomian nasional merupakan tanggung jawab pemerintah baik pusat maupun daerah, dunia usaha, lembaga keuangan dan masyarakat. Untuk meningkatkan peran UMKM, satu hal yang perlu mendapat perhatian adalah kemudahan UMKM untuk mengakses sumber daya finansial dari perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan UMKM di Kabupaten Cirebon yang diproksikan dengan jumlah aset, omset penjualan dan laba bersih sebelum dan sesudah mendapatkan pembiayaan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian yang pernah dilakukan. Data sekunder dari Bank Syariah Mandiri Cabang Cirebon dianalisis menggunakan uji beda sampel berpasangan (paired sample t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perkembangan jumlah aset, omset penjualan dan laba bersih UMKM di Kabupaten Cirebon setelah mendapatkan pembiayaan dari Bank Syariah Mandiri Cabang Cirebon.


Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia. 2015. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah. Diakses melalui www.bi.go.id pada tanggal 9 Februari 2015.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. BPFE UGM, Yogyakarta.

Jubaedah, S dan Destiana, R. 2015. Impilkasi Pembiayaan Syariah Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cirebon. Laporan Penelitian, Unswagati Cirebon.

Marcellina, A.L., Setiawan, A.H. 2012. Analisis Dampak Kredit Mikro Terhadap Perkembangan Usaha Mikro di Kota Semarang (Studi Kasus: Nasabah Koperasi Enkas Mulia). Diponegoro Journals of Economics 1(2): 1-7.

Memba, S. F., Gakure, W. R., dan Karanja, K. 2012. Ventura Capital : Its Impact on Growth of Small and Medium Enterprise in Kenya.

Rahayu, S.P., Purnamawati, I., Maharani, B. 2014. Analisis Perkembangan UMKM Pada Pembiayaan Al-Bai’ Bitsaman Ajil (BBA) Pada Usaha Produktif (Studi Kasus Pada UMKM Nasabah Dari BMT Maslahah Sidogiri Cabang Olean Situbondo). Artikel Ilmiah. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Saparingga, W., Nurhasanah, N., Nurhayati, N. 2015. Analisis Perbandingan Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sebelum dan Sesudah Mendapatkan Fasilitas Pembiayaan Mikro (Studi Kasus di BRI Syariah KCP Kopo Bandung). Prosiding Keuangan dan Perbankan Syariah 1(2): 314-321.

Rahmana, A. 2008. Kinerja keuangan UKM di Indonesia. Diakses melalui https://infoukm.wordpress.com/2008/08/11/kinerja keuangan-ukm-di-indonesia/ pada tanggal 26 Mei 2015.

Swastha, Basu. 2001. Manajemen penjualan. Edisi 3. BPFE UGM, Yogyakarta.

Widodo, Tri, et al. 2003. Dampak Pola Pembiayaan Usaha Skala Mikro Terhadap Kinerja Bank dan Nasabah (ULM PT Bank BNI Wilayah Jabotabek, Jawa Barat dan DI Yogyakarta). Kerjasama Pusat Studi Ekonomi & Kebijakan Publik Universitas Gajah Mada dan Tim Penelitian & Pengembangan Biro Kredit Bank Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.25134/jrka.v2i2.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2015-2021 Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi p-ISSN 2442-4684 e-ISSN 2621-3265.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

JRKA Editorial Office:
Program Studi Akuntansi - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan
Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513, Indonesia
Phone/Whatsapp: +62 82295125060
Website: https://journal.uniku.ac.id/index.php/jrka
E-mail: [email protected]