STUDI KOMPARASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA BANK UMUM SYARIAH (BUS) DAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS)

Yeni Fitriani Somantri

Abstract


Penelitian ini merupakan studi komparasi dengan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Bank Umum Syariah (BUS) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Indonesia. Faktor-faktor yang di uji meliputi variabel risiko pembiayaan (NPF), kualitas aktiva produktif (KAP), tingkat perputaran piutang (ART), dana pihak ketiga (DPK), volume pembiayaan (FDR) sebagai variabel independen dan rentabilitas (NOM) sebagai variabel dependen, serta total aset sebagai variabel kontrol. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan Triwulanan Bank Umum Syariah dan BPR Syariah periode 2011-2013. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 5 (lima) Bank Umum Syariah dan 25 (dua puluh lima) BPR Syariah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan uji chow dimana sebelumnya data telah diuji dengan pengujian asumsi klasik meliputi uji normalitas, heteroskedastisitas, multikolinieritas dan autokorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa NPF dan DPK tidak berpengaruh terhadap tingkat rentabilitas (NOM), sedangkan KAP, perputaran piutang (ART), dan volume pembiayaan (FDR) berpengaruh terhadap tingkat rentabilitas (NOM) pada  bank  umum syariah. Sedangkan hasil analisis data yang telah dilakukan pada BPR Syariah menunjukkan bahwa risiko pembiayaan (NPF), kualitas aktiva produktif (KAP), perputaran piutang (ART), dana pihak ketiga (DPK), dan volume pembiayaan (FDR) tidak berpengaruh terhadap tingkat rentabilitas (NOM) pada  BPRS. Berdasarkan hasil uji chow bahwa model regresi pada bank umum syraiah dan BPRS adalah sama, dengan demikian hubungan antara setiap variabel untuk masing-masing model regresi mempunyai pengaruh yang sama dan dalam katageri sejenis yaitu syariah.

Full Text:

PDF

References


Al Arif, M. Nur Rianto. 2012. Lembaga Keuangan Syariah, Suatu Kajian Teoretis Praktis. Bandung: Pustaka Setia.

Antonio, M. Syafi’i. 2001. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Arifin, Zainul. 2006, Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta: AlvaBet.

Ayu, Dewi Gusti. 2007. Pengaruh Tabungan Dan Deposito Terhadap Rentabilitas Pada Bank Umum. Program Studi Manajemen Perbankan, Universitas Gunadarma.

Arsyianti, Laily Dwi. 2012. http://jurnalekis.blogspot.com/2012/01/manajemen-stakeholder-dalam-syariah.html#sthash.wXt2Wlo1.dpuf, diakses tanggal 26 November 2013.

Bank Indonesia, 2007. Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) No. 9 Tahun 2007 mengenai Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Berdasarkan Prinsip Syariah.

Brissimis Anthonasoglou. 2005. Bank spesific industry, and specific makroekonomic determinant of bank profitabilitas. Working paper, bank of Greece. No. 25. June.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Damastuti, Isnaini Endah. 2010. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah dengan Menggunakan Income Statement Approach dan Value Added Approach (Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro.

Dendawijaya, Lukman. 2005. Manajemen Perbankan. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Dewi, Citra Sylvia. 2012. Pengaruh Kredit Bermasalah Dan Kualitas Aktiva Produktif Terhadap Profitabilitas Bank Pada Sektor Perbankan Go Publik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012. Universitas Komputer Indonesia.

Gary C. Zimmerman, 1996. Factor Influencing Community Bank Performance in California, FBRSF Economic Review.

Gray, Rob, Reza Kouhy, dan Simon Lavers. 1995. “Corporate Social and Environmental Reporting: A Review of The Litetrature and A Longitudinal Study of UK Disclosureâ€. Accounting, Auditing, and Accountability Journal Vol. 8, No. 2, pp 47-77.

Harmanta dan Mahyus Ekanada. 2005. Disintermediasi Fungsi Perbankan di Indonesia Pasca krisis 1997: Faktor Permintaan atau Penawaran Kredit, Sebuah pendekatan dengan Model Disequilibrium. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, Edisi Juni 2005.

http://qamaruddinshadie.blogspot.com/2012/04/bank-pembiayaan-rakyat-syariah.html, diakses pada tanggal 15 Januari 2014.

Imam Ghozali. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Islam, Mohd. Aminul. 2012. An Appraisal Of The Performance Of Two (2) Development Financial Institutions (DFIs) In Malaysia. International Journal Of Economics And Management Sciences Vol. 1, No. 7, 2012, Pp. 64-74.

Jordan, Sarah. 2013. Islamic Banks and Profitability: An Empirical Analysis of Indonesian Banking. A Dissertation presented in part consideration for the degree of MSc in Finance and Investment: Nottingham University.

Kasmir. 2007. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Khan, Tariqullah and Ahmed, Habib, 2001. Risk Management: An Analysis of Issues in Islamic Financial Industry. Jeddah: IRTI-IDB.

Lestari, Maharani Ika dan Toto Sugiharto. 2007. Kinerja Bank Devisa Dan Bank Non Devisa Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil). 21-22 Agustus, Vol.2. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.

Luthfihani, Chindy Anggraeni. 2009. Pengaruh Kualitas Aktiva Produktif (KAP) dan Kredit Bermasalah Terhadap Profitabilitas Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk . Universitas Komputer Indonesia: Bandung.

Meutia, Inten. 2010. “Shariah Enterprise Theory sebagai Dasar Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial untuk Bank Syariahâ€. Disertasi Tidak Dipublikasikan, Doktor Ilmu Akuntansi Program Pascasarjana, Universitas Brawijaya.

Muhammad. 2005. Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Muhammad. 2013. Akuntansi Syariah, Teori dan Praktik Untuk Perbankan Syariah. Edisi Pertama, cetakan pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Munawir, S. 2007. Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty.

Muljono, Teguh Pudjo. 1996. Análisis Laporan Keuangan Perbankan. Cetakan ke

Enam. Jakarta: Penerbit Djambatan.

Mawardi, Wisnu. 2005. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Bank Umum di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Umum Dengan Total Assets Kurang Dari 1 Triliun). Jurnal Bisnis Dan Strategi. Vol.14. No.1.

Nurhayati, Sri dan Wasilah. 2008. Akuntansi Syariah Di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.

Pramuka, Bambang Agus. 2010. Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Profitabilitas Bank Umum Syariah. (JAMBSP Vol. 7 No. 1 68 – Oktober 2010: 67).

Purwana, Edward Gagah. 2009. Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR), Size, BOPO Terhadap Profitabilitas (Studi Perbandingan Pada Bank Domestik Dan Bank Asing Periode Januari 2003-Desember 2007). Tesis Magister Manajemen Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Purwitasari, Fadilla dan Anis Chariri. 2010. Analisis Pelaporan Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah Dalam Perspektif Shariah Enterprise Theory: Studi Kasus Pada Laporan Tahunan Bank Syariah Mandiri Dan Bank Muamalat Indonesia. Jurnal Penelitian Universitas Diponegoro: Semarang.

Rindhatmono, Ferdi. 2005. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Pasca Merger Di Indonesia. Tesis Magister Manajemen Universitas Diponegoro: Semarang.

Ridha, Nugraha. 2012. Manajemen Pembiayaan Panduan Untuk Koperasi Syariah SDM Kementerian Koperasi. Artikel diakses pada 12 Desember 2013 dari http://hasbullah.multiply.multiplycontent.com.

Riadi, Slamet. 2004. Banking Assets And Liability Management. Edisi 2. Jakarta: Lembaga Penerbit Universitas Indonesia.

Roslina , Michael Hadjaat, dan Maryam Nadir. 2012. Analisis Perputaran Piutang Debitur Golongan A, B, C Dan D Pada Perum Pegadaian Cabang Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman: Samarinda.

Rohimat, Rudi. 2012. Pengaruh Kecukupan Modal Dan Kualitas Aktiva Produktif Terhadap Rentabilitas Bank (Studi Kasus Pada PT. BPR Poladana Tasikmalaya). Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi: Tasikmalaya.

Stiawan, Adi. 2009. Analisis Pengaruh Faktor Makroekonomi, Pangsa Pasar Dan Karakteristik Bank Terhadap Profitabilitas Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Periode 2005-2008). Tesis Magister Manajemen Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro: Semarang.

Suyono, Agus. 2005. Analisis Rasio-rasio Bank Yang Berpengaruh Terhadap ROA (Studi Empiris: Pada Bank Umum di Indonesia Periode 2001-2003 ). Tesis Magister Manajemen Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro: Semarang.

Setiawan, Azis Budi. 2009. Kesehatan Finansial dan Kinerja Sosial Bank Umum Syariah di Indonesia. Materi Seminar Ilmiah Kerjasama Magister Bisnis Keuangan Islam Univ. Paramadina, Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Pusat dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Sudiyatno, Bambang dan Jati Suroso. 2010. Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, BOPO, CAR dan LDR Terhadap Kinerja Keuangan Pada Sektor Perbankan Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia (Periode 2005-2008). Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan, Mei 2010, hal.125-137.

Sinungan, Muchdarsyah. 2000. Manajemen Dana Bank. Edisi kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Burhanudin. 2008. Hukum Perbankan Syariah di Indonesia. Yogyakarta: UII Press.

Suryani. 2011. Analisis Pengaruh Financing To Deposit Ratio (FDR) Terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah Di Indonesia. STAIN Malikussaleh Lhokseumawe. Walisongo, Volume 19, Nomor 1, Mei 2011.

Susilawati, Susi dan Asep Ghofir Ali. 2010. Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Terhadap Non Performing Financing (NPF) Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Bandung: STIE EKUITAS.

Siamat, Dahlan. 2005. Manajemen Lembaga Keuangan. Edisi Keempat. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Sabir, Muh, Muhammad Ali, dan Abd. Hamid Habbe. 2012. Analisis Pengaruh Rasio Kesehatan Bank Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah dan Bank Konvensional di Indonesia. Jurnal Analisis, Juni 2012, Vol.1 No.1 : 79 – 86.

Slamet, M. 2001. “Enterprise Theory dalam Konstruksi Akuntansi Syari’ah (Studi Teoritis pada Konsep Akuntansi Syari’ah). Fakultas Ekonomi, Universitas Brawijaya: Malang.

Statistik Perbankan Syariah Tahun 2012, Bank Indonesia.

Statistik Perbankan Indonesia Tahun 2012, Bank Indonesia.

Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) No. 9 Tahun 2007 mengenai Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Berdasarkan Prinsip Syariah.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit CV. Andi Offset.

Sumitro, Warkum. (2004), Asas-Asas Perbankan Islam dan Lembaga-Lembaga Terkait. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Taswan. 2009. Manajemen Perbankan Konsep Teknik & Aplikasi Bangking Risk Assessment. Yogyakarta: UUP STIM YKPN.

Theresia O.S, Esther. 2009. Pengaruh Perputaran Piutang Usaha dan Perputaran Persediaan Terhadap Tingkat Rentabilitas Perusahaan Otomotif dan Komponennya yang Terdaftar di BEI. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara: Medan.

Triyuwono, Iwan. 2003. “Sinergi Oposisi Biner: Formulasi Tujuan Dasar Laporan Keuangan Akuntansi Syari’ahâ€. IQTISAD Journal of Islamic Economics,Vol. 4, No. 1, h. 79-90.

Triyuwono, I. 2006. Perspektif, Metodologi. Dan Teori Akuntansi Syariah. Edisi Satu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Undang - Undang No. 21 tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah.

Undang-Undang No.10 Tahun 1998 Tentang Perbankan.

Yuliani. 2007. Hubungan Efisiensi Operasional dengan Kinerja Profitabilitas pada Sektor Perbankan yang Go Public di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 5, No. 10, Desember, 2007.

Yuniarti, Eti. 2008. “Analisis Pengungkapan Informasi tanggung Jawab Sosial pada Sektor Perbankan di Indonesia.†Tesis Tidak Dipublikasikan, Program Studi Magister Sains Akuntansi, Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.25134/jrka.v3i1.464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2015-2021 Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi p-ISSN 2442-4684 e-ISSN 2621-3265.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

JRKA Editorial Office:
Program Studi Akuntansi - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan
Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513, Indonesia
Phone/Whatsapp: +62 82295125060
Website: https://journal.uniku.ac.id/index.php/jrka
E-mail: [email protected]