NILAI PENAWARAN SAHAM, REPUTASI PENJAMIN EMISI, PARTISIPASI PENJAMIN EMISI UTAMA DALAM PENAWARAN PERDANA
Abstract
Abstrak
Untuk mengurangi resiko yang harus ditanggung oleh penjamin emisi dalam penawaran firm commitement, maka penjamin emisi dapat membentuk suatu sindikat (syndicate). Pembagian resiko diantara anggota sindikat oleh lead manager berhubungan langsung dengan partisipasi penjamin emisi (underwriter participation) yaitu berapa jumlah sekuritas baru yang akan dibeli dan dijual oleh penjamin emisi (Bae et.al, 1999). Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris mengenai partisipasi penjamin emisi utama dalam penawaran saham perdana (IPO) saham biasa yang dipengaruhi oleh nilai penawaran saham dan reputasi penjamin emisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode verificative research terhadap 106 perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2019-2020 di Bursa Efek Indonesia. Data analisis menggunakan regresi berganda.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa nilai penawaran saham dan reputasi penjamin emisi utama secara bersama-sama berpengaruh terhadap partisipasi penjamin emisi utama. Sedangkan secara parsial nilai penawaran saham berpengaruh positif terhadap partisipasi penjamin emisi utama. Reputasi penjamin emisi utama berpengaruh negatip terhadap partispasi penjamin emisi utama.
Kata kunci: penjamin emisi, partisipasi penjamin emisi utama, reputasi penjamin emisi
References
Aggarwal, R., Leal, R. & Hernandez, L. (1993). The Aftermarket Performance of Initial Public Offering in Latin America. Financial Management, Spring: 42-53.
Asril Sitompul. 2000. Pasar Modal Penawaran Umum & Permasalahannya. PT citra Aditya Bakti. Bandung.
Bae, Sung C., Klein, Daniel., and Bowyer, John W. (1999). Determinants of Underwriter Participation in Initial Public Offering of Common Stock: An empirical Study. Journal of Bussiness finance & Accounting. June/July: 595-619.
Baron, D.P. (1982). A Model of The Demand for Investment Banking Advising and Distribution Services for New Issues. Acoounting Review, Vol. LXII No. 4:604-622.
Beatty, D.P. (1989). Auditor Reputation and The Pricing of Initial Public Offerings. The Accounting Review, Vol. LXIV No. 4 October: 693-707.
Carter, R., dan Manaster S. (1990). Initial Public Offering and Underwriter Reputation. The journal of Finance. Vol VI.
Daljono. (2000). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Initial Return Saham yang Listing di Bursa efek Jakarta tahun 1996-1997. Thesis S2 Program Pasca Sarjana UGM Yogyakarta.
Damodar Gujarati. (1995). Ekonometrika Dasar. Terjemahan Sumarno Zain. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Farid Harianto & Sudomo, Siswanto. (2002). Perangkat dan Teknik Analisis Investasi di Pasar Modal Indonesia. PT Bursa efek Jakarta.