KAJIAN LITERATUR: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Zahra Safriza, Dieni Maitsa Nuralifah, Kamila Muthia Wahyudini

Abstract


Abstrak

CSR merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial yang dijalankan oleh suatu perusahaan kepada lingkungannya agar dapat memajukan perekonomian, meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan menjaga lingkungan sekitarnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan untuk mencapai laba yang optimal, terkadang perusahaan abai terhadap kondisi lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi pengungkapan CSR. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kajian literatur dengan menggunakan 17 literatur yang berasal dari data sekunder berupa database Google Scholar dan diseleksi kembali menggunakan tiga kriteria. Berdasarkan hasil kajian literatur penelitian, penulis menemukan bahwa leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, umur perusahaan, tipe industri, serta dewan komisaris menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan CSR perusahaan. Oleh sebab itu pengungkapan  menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan perusahaan agar dapat menjaga keseimbangan serta keberlanjutan perusahaan.

 

Kata Kunci: Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Teori Legitimasi, Teori Pemangku Kepentingan, Kajian Literatur

Full Text:

PDF

References


Abdillah, M. R., Afriana, R. A., & Rahmah, S. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris Dan Tipe Industri Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Perusahaan Plastik …. In Dinamika Ekonomi-Jurnal …. https://www.stienas-ypb.ac.id/jurnal/index.php/jdeb/article/view/262%0Ahttps://www.stienas-ypb.ac.id/jurnal/index.php/jdeb/article/download/262/288

Alkayed, H., & Omar, B. F. (2022). Determinants of the extent and quality of corporate social responsibility disclosure in the industrial and services sectors: the case of Jordan. Journal of Financial Reporting and Accounting. https://doi.org/10.1108/JFRA-05-2021-0133

Alpi, M. F., & Aprilia, D. (2021). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21 (2), 522–528.

Chariri, A., & Ghozali, I. (2007). Teori Akuntansi. Badan Penerbit Diponegoro.

Damayanty, P.-, Prihanto, H., & Fairuzzaman, F. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance, Kepemilikan Saham Publik Dan Profitabilitas Terhadap Tingkat Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 7(2), 1. https://doi.org/10.35906/jep.v7i2.862

Deegan, C. (2002). Introduction: The Legitimising Effect of Social and Environmental Disclosure. A Theoritical Foundation. Accounting, Auditing, and Accountability Journal, 5(3), 282–311.

Dewi, I. C., & Cahyaningtyas, F. (2022). Determinan Pengungkapan Corporate Social Responsibility : Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Bei. Jurnal PETA, 7(2), 179–189.

Dewi, P. P., & Yanti, I. G. A. E. E. (2019). Kinerja Lingkungan, Manajemen Laba, Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility (CSR). E-Jurnal Akuntansi, 28, 569. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i01.p22

Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). Organizational Legitimacy: Social Values And Organizational Behavior. Pacific Sociological Journal Review, 18, 122–136.

Freeman, R. E. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Pitman.

Jonathan, H., & Sinaga, J. T. G. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Kualitas Audit Terhadap Pengungkapan Csr Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(2), 1136–1157. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/2068

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama (Cetakan Ke). PT Raja Grafindo Persada.

KNKG. (2006). No Title. Pedoman Umum GCG Indonesia.

Limbong, C. H. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI. Jurnal Ecobisma, 6(2), 114–128.

Maryam, S. (2014). Analisis Pengaruh Firm Size, Growth, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI periode 2008 – 2012. Makassar : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Univesitas Hassanuddin.

Meliawati, T., Fadillah, A., & Gerald, S. C. (2021). PENGARUH KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY LOCAL FARMER EMPOWERMENT TERHADAP CITRA PIZZA HUT. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 1702–1711. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1294

Nugroho, A. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intellectual Capital Disclosure (ICD). Accounting Analysis Journal, 1(2).

Pradipta, & Supriyadi. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Leverage, dan Komisaris Independen Terhadap Praktik Penghindaran Pajak. Jurnal Universitas Gadjah Mada.

Priantana, R. D., & Yustian, A. (2011). Pengaruh Struktur Good Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Keuangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, 65–78.

Riyanto, B. (2001). Dasar-dasar pembelanjaan perusahaan (Edisi keem). Penerbit, BPFE.

Safar, R., & Widyaningsih, Y. E. (2021). Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Kinerja Keuangan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). In Jurnal Riset Akuntansi dan Perbankan (Vol. 15, Issue 1, p. 6).

Saiyar, O. D. (2022). DIREKTUR DAN MANAGER PABRIK SAWIT PT. SIPP DITINDAK GAKKUM KLHK TERKAIT PENCEMARAN LINGKUNGAN DI BENGKALIS-RIAU. TERANCAM PENJARA 10 TAHUN DAN DENDA 10 MILYAR. GAKKUM Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Dan Kehutanan.

Salehi, M., Tarighi, H., & Rezanezhad, M. (2019). Empirical study on the effective factors of social responsibility disclosure of Iranian companies. Journal of Asian Business and Economic Studies, 26(1), 34–55. https://doi.org/10.1108/jabes-06-2018-0028

Sayekti, Y., & Wondabio, L. S. (2007). Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earning Response Coefficient. Simposium Nasional Akuntansi X.

Selfiana, W., & Rikah. (2021). Pengaruh Size , Leverage , Profitabilitas Dan Dewan Komisaris Independen Terhadap Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. 1103–1112.

Sinulingga, B. (2022). Buang Limbah B3 ke Drainase, Pabrik Karton Box di Bekasi Disegel. Liputan6.Com.

Sukenti, S., Hidayati, N., & Mawardi, M. C. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Growth Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2015). Universitas Islam Malang, 19, 15–33.

Wardoyo, D. U., Aryanty, N., & Iswatini, N. (2021). Effect of Executive Compensations and Leverage on Tax Agressivity (Study on Primary Sector of Jasica Listed on Indonesia Stock Exchange Period 2016-2020). Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2133–2143.

Yanti, N. L. E. K., Made, E. D., & Asri, P. & I. G. A. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahan, Ukuran Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional, Leverage, Dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Ekonomi Bisnis, 3(1), 43–51.

Yovana, D. G., & Kadir, A. (2020). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR). Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 21(1), 15–24.

Yuhertiana, I. (2015). Behavioural public sector accounting research in Indonesia: a literature review. Malaysian Accounting Review, 14(1), 50–64.

Zahra. (2022). CEO POWER DAN TIPE INDUSTRI TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 3, 74–83.




DOI: https://doi.org/10.25134/jrka.v8i1.7172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2015-2021 Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi p-ISSN 2442-4684 e-ISSN 2621-3265.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

JRKA Editorial Office:
Program Studi Akuntansi - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan
Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513, Indonesia
Phone/Whatsapp: +62 82295125060
Website: https://journal.uniku.ac.id/index.php/jrka
E-mail: [email protected]