Faktor factor yang mempengaruhi keputusan seorang calon mahasiswa untuk memilih kuliah di universitas kuningan

Lita Jonatas, Lili Karmela Fitriani, Indra Kusuma

Sari


Abstrak

Pemilihan suatu produk dan jasa oleh seseorang dipengaruhi oleh berbagai macam factor yang dirasakan dan dialami oleh konsumen itu sendiri. Faktor itu berasal dari factor kebudayaan terdiri atas; kebudayaan, sub budaya,kelas social. Factor social terdiri dari : usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, gaya hidup, kondisi ekonomi, kepribadian dan konsep diri. Faktor psikologis, terdiri dari : motivasi, presepsi, proses belajar, kepercayaan dan sikap. Universitas Kuningan sebagai Perguruan Tinggi di Kuningan saat ini sedang mengalami penurunan jumlah pendaftar, dengan menggunakan teori pemasaran dan perilaku konsumen, penelitian ini ingin mengetahui factor apa saja yang menjadi pertimbangan dalam memilih untuk kuliah di Universitas Kuningan yang dilakukan pada mahasiswa baru angkatan 2011/2012. Hasil yang didapat Faktor factor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa baru untuk memilih kuliah di Uniku adalah faktor pribadi dengan prosentasi keragaman 33,531%, faktor bauran pemasaran dengan prosentase keragaman 10,860%, faktor sosial dengan prosentase keragaman 8,815%, dan faktor psikologis dengan prosentase keragaman 7,467%. Hasil analisis faktor menunjukan prosentase keragaman (prosentase of varian) sebesar 60,672% sedangkan 39,328% sisanya adalah faktor faktor lain yang tidak termasuk atau tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Pemasaran, Perilaku Konsumen, faktor Pilihan Keputusan

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.