Keefektifan Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Baris dan Deret

Sudi Raharjo, Pono Harjo, Eleonora Dwi W

Abstract


The purpose of this study is to prove: (1) whether the learning achievement of students who are taught using learning video media exceeds the KKM more than 55% with a KKM value of 70. (2) Is there a difference in the learning achievement of students who are taught using video media compared to using e-book media in PDF format. (3) Is there a difference in the level of learning interest of students who are taught using video media compared to using e-book media with PDF format. The populations in this study were students of class XI even semester SMA Negeri 2 Pemalang in the 2020/2021 school year. Sampling used cluster random sampling. The samples taken were one class as Experiment 1 class, one class as Experiment 2 class. The data collection methods used was documentation, tests, and questionnaires. Analysis of the data used is the right-hand proportion test, two-party t-test with a significance level of 5%. The results showed that: (1) students' mathematics learning achievement by being taught using instructional video media obtained more than 55% of students whose scores exceeded the KKM (70). (2) There are differences in the mathematics learning achievement of students who are taught using instructional video media with students who are taught using e-book media in PDF format. (3) There are differences in the interest in learning mathematics of students who are taught using learning video media with students who are taught using e-book media in PDF format.

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan: (1)apakah prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan media video pembelajaran yang  melampaui KKM lebih dari 55% dengan nilai KKM 70.(2) apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan media video dibandingkan dengan menggunakan media ebook dengan format PDF.(3) Apakah ada perbedaan tingkat minat belajar peserta didik yang diajar menggunakan media video dibandingkan dengan menggunakan media ebook dengan format PDF. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester genap SMA Negeri 2 Pemalang tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.Sampel yang diambil sebanyak satu kelas sebagai kelas Eksperimen 1, satu kelas sebagai kelas Eksperimen 2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t dua pihak dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar matematika peserta didik dengan diajar menggunakan media video pembelajaran memperoleh lebih dari55% peserta didik yang nilainya melampaui KKM (70). (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan media video pembelajaran dengan peserta didik yang diajar menggunakan media ebook dengan format PDF.(3) terdapat perbedaan minat belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan media video pembelajaran dengan peserta didik yang diajar menggunakan media ebook dengan format PDF..


Keywords


MEDIA

References


Amin, M. K. (2020). Meta Analisis Keefektifan Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika. SKRIPSI FKIP UPS Tegal.

Ariani, Niken dan Haryanto, Dany. (2010). Pembelajaran Multi Media di Sekolah

(Pedoman PembelajaranInspiratif, Konstruktif, dan Prospektif). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daniyati, N. A., & Sugiman, S. (2015). Hubungan antara kemampuan verbal, kemampuan interpersonal, dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 50-60.

Depdiknas. (2012). Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat

Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fathurrohman Pupuh, M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar; Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum

Karim, A., Bangun, B., & Purba, E. (2020). Membangun Aplikasi Buku Elektronik Pembelajaran TIK. Jurnal Ilmiah INFOTEK, 3(1)

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-34.

Manurung, S. H. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan

Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran

/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01),

Ponoharjo. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Tegal.

Prasetya, D. D. (2016). Kesiapan Pembelajaran Berbasis Buku Digital. TEKNO, 24(2).

Putri, N. (2012). Efektifitas Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan

Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 318-328.

Raharjo, Sugeng. (2020). Efektifitas Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Dukuhwaru Tahun Pelajaran 2019/2020. SKRIPSI FKIP UPS Tegal.

Rahmayanti, A. (2016). KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI KEPANDEAN 03 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Riyanto, Yatim. (2010). Paradikma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan

Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41-54.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sudatha, Wawan I Gede dan I Made Tegeh. (2015). Desain Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sugihartono, dkk .(2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulistyarini, E. (2015). Pengembangan bahan ajar fisika SMA materi gelombang bunyi berbasis interactive PDF. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang

Susongko, p. (2017). penilaian Hasil Belajar. tegal: badan penerbit Universitas Pancasakti Tegal.

Suwarkono, dkk. 2006. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pemantapan Awal di Kelas X SMAN 7 Jakarta. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan. No. 1. Vol. 1 Tahun 2008.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wilda, W., Salwah, S., & Ekawati, S. (2017). Pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.

Zuriah, N (2005). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.25134/logika.v14i02.4634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Logika : Jurnal Penelitian Universitas Kuningan

ISSN 2085-997X (print), ISSN 2715-4505 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/logika/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

Logika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0