Analisis Semiotika Visual Pada Ilustrasi Sampul Majalah Tempo Edisi “Jerat Kedua”

Azhar Natsir Ahdiyat

Abstract


Kasus megakorupsi e-KTP pada tahun 2017 yang menyeret Setya Novanto menjadikannya perbincangan publik, termasuk media massa seperti Majalah Tempo pada sampulnya. Majalah Tempo menggunakan gambar ilustrasi pada setiap rilisannya dengan karakter dan penggayaan visual yang khas serta kerap menimbulkan kontroversi. Selain itu, gambar ilustrasi pada sampul majalah ini pun memiliki makna dan kode tersembunyi yang perlu diinterpretasi secara mendalam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk dapat menjelaskan struktur tanda visual pada ilustrasi sampul Majalah Tempo edisi “Jerat Kedua”. Selain itu, penelitian in pun ditujukan untuk dapat mengungkap kode-kode yang terkandung pada ilustrasi sampul tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis yang bersifat deskriptif interpretatif. Metode yang digunakan yaitu semiotika visual dengan teori semiotika Roland Barthes meliputi struktur tanda visual serta Lima Kode Barthes. Peneliti berkesimpulan bahwa struktur Majalah Tempo edisi “Jerat Kedua” tersusun atas penanda-penanda denotatif yang berubah maknanya menjadi petanda konotatif. Makna konotatif yang muncul didasarkan pada sebuah konvensi, penjangkaran makna, gestur/ekspresi, penggunaan retorika metafora/metonimi, dan referensi-referensi dari realitas. Kode-kode yang terungkap dalam sampul majalah ini meliputi kode hermeneutik, semantik, proairetik, simbolik, dan kultural.


Keywords


ilustrasi; sampul majalah; semiotika visual; tanda; kode

References


Anonim, 2018. “Arti kata majalah”, https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/majalah, diakses pada tanggal 3 Mei 2018.

Anonim, 2019. “Google trends Indonesia 2017”, https://trends.google.co.id/ trends/yis/2017/ID, diakses pada tanggal 19 Agustus 2019.

Anonim, 2020. “Arti kata jerat”, https://kbbi.web.id/jerat, diakses pada tanggal 21 Mei 2020.

Baehr, Helen, dan Gray, Ann, 1996. Turning It on a Reader in Women & Media, New York: St. Martin Press Inc.

Barthes, Roland, 1984. Image – Music – Text, New York: Hill and Wang.

Barthes, Roland, 2002. S/Z, United Kingdom: Basil Blackwell.

Budiman, Kris, 2011. Semiotika Visual, Yogyakarta: Jalasutra

Danesi, Marcel, 2009. Dictionary of Media and Communications. New York: M.E. Sharpe

Danesi, Marcel, 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media, (Admiranto, Penerjemah), Yogyakarta: Jalasutra.

Kriyantono, Rachmat, 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenada Media.

Kurniawan, 2001. Semiologi Roland Barthes, Magelang: IndonesiaTERA.

Pease, Allan, 1984. Body Language: How to Read Other's Thought by their Gestures. London: Sheldon Press.

Philbin, Tom, 2005. 100 Penciptaan Terbesar Sepanjang Masa. Tangerang: Karisma.

Piliang, Yasraf Amir, 2003. Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna, Yogyakarta: Jalasutra.

Piliang, Yasraf Amir, 2012. Semiotika dan Hipersemiotika: Gaya, Kode dan Matinya Makna, Bandung: Matahari.

Ramadhan, Bilal, 2020. “Setya Novanto tegaskan Golkar kini dukung pemerintahan Jokowi”, https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/politik/16/05/17/ o7as74330-setya-novanto-tegaskan-golkar-kini-dukung-pemerintahan-jokowi, diakses pada tanggal 23 Mei 2020.

Rimbawana, AS, 2020. “Sejarah upaya pelemahan KPK: dari cicak vs buaya hingga terror”, https://tirto.id/sejarah-upaya-pelemahan-kpk-dari-cicak-vs-buaya-hingga-teror-eho9, diakses pada tanggal 19 Juni 2020.

Salam, Sofyan, 2017. Seni Ilustrasi: Esensi, Sang Ilustrator, Lintasan, Penilaian, Makassar: Badan Penerbit UNM.

Scholes, Robert, 1982. Semiotics and Interpretation, London: Yale University Press.

Shabrina, Dinda. 2019. “Media asing menertawakan Setya Novanto”, https://kabarnesia.com/5202/media-asing-menertawakan-setya-novanto/, diakses pada tanggal 19 Agustus 2019.

Sobur, Alex, 2004. Semiotika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2012. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabet.

Taufik, Trisna dan Baskin, Askurifai, 2015. Ilustrasi politik di Majalah Tempo, Prosiding penelitian sivitas akademika (sosial dan humaniora) SPeSTA, 141-148.

Widyokusumo, Lintang, 2012. Desain sampul majalah sebagai ujung tombak pemasaran, Humaniora, 3, 2, 637-644.




DOI: https://doi.org/10.25134/logika.v12i2.5492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Logika : Jurnal Penelitian Universitas Kuningan

ISSN 2085-997X (print), ISSN 2715-4505 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/logika/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

Logika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0