EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Lilis Susilawati, Arrofa Acesta

Abstract


Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa SDN 1 Awirarangan Kuningan. Hal tersebut di tunjukan dengan masih adanya siswa yang belum mencapai KKM, yaitu sebesar 70. Hal ini di duga karena guru hanya menerapkan model ceramah saja. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Example Non Example dengan hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model pembelajaran melalui metode ceramah pada mata pelajaran IPA di SDN 1 Awirarangan. Metode yang di gunakan adalah Quasi Eksperimen dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN 1 Awirarangan. Desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Pretest-Postest Control Geoup Design. Alat pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini melalui tes. Setelah perangkat disusun, dilakukan uji coba validitas, tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji pembeda dua rata-rata (uji t) Hasil penelitian ini menunjukan model pembelajaran Kooperatif tipe Example Non Example lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di bandingkan dengan metode ceramah.

Kata Kunci : Example Non Example. Hasil Belajar

 

 


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman . (2009). Pendidikan Bagi AnakKesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Affrizal Umam. (2011). Penerapan metode pembelajaranExample Non Exampledalam up meningkatkahasil belajarDiunduhdarihttp://library.um.ac.id/ptk/indexx.php?mod=detail&id=38018, pada tanggal 23 maret 2017

Arifin Zainal. (2009). EvaluasiPembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Darmojo Hendro. (1992). Pendidikan IPA 2. Jakarta: Depdikbud

Dahlan, M.D. dkk. (1984). Model-Model Mengajar. Bandung :CV Diponegoro Djamarah. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah Syaiful Bahri, Zain Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Habibah, Syarifah. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh.Diunduh dari httf://www.jurnal.unsiyah.ac.id pada tanggal 22 juli 2017

Harjanto, (1997). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Hidayat Ahmad. (2015). Model Kooperatif tipe Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daur Hidup Hewan dikelas IV SD Negeri 14/1 Sungai.Diunduhdarihttf://journal.unpak.ac.id pada tanggal 13 maret 2017

Huda,M Iftahul. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jemmars, (1980:25). Interaksi Belajar Mengajar. Bandung

Kurniasih Imas, Sani Berlin. (2015). Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

Mardiana. (2007). Implementasi Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA.: UPI Bandung

Nurgana. (1993). Statistika Penelitian. Bandung: CV Permadi

RR, Hake. (1999). Analyzing Change/Gain Score. American Education Research Methodology. httf:/lists.asu.edu/cgibin/wa?A2=indo9903&L=aera— d&P=R6855

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru-Ed. 2 - Cet. 6. Jakarta: Rajawali Pers

Samatowa, Usman, (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta:Indeks

Sanjaya, (2007). Startegi Pembelajaran Berorinetasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Predana Media Grup

Somantri. (2006). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Suprijono Agus. (2009). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Surakhmad, Winarno. (1980). Interaksi Belajar Mengajar. Bandung:

Tarsito

Suryaningtiyas. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara

Suyatno. (2009). MenjelajahPembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Wardika. (2014). Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar I Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Tampaksiring. Diunduh dari

httf://ejournal.undiksha.ac.id/indeks.php/JJPGSD/article/viewFile/3091 pada tanggal 14 maret 2017

Wijaya.C dan Djadjuri (1984). Metodologi Penelitian. Bandung IKIP




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v4i2.1090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.