UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 2 BABAKANREUMA

Siti Munawaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV B SD Negeri 2 Babakanreuma melalui penggunaan model (direct instruction).

Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus perbaikan, dan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 2 Babakanreuma Kabupaten Kuningan tahun 2014 pada mata pelajaran IPA. Jumlah siswa sebanyak 26 orang, terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan  refleksi.

Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari 59,61 pada siklus I pertemuan 1 menjadi 68,07 pada siklus I pertemuan 2 dan 78,46 pada siklus II pertemuan 1 menjadi 86,15 pada siklus II pertemuan 2. Sementara dari prosentasi ketuntasan terjadi peningkatan dari 19,23% pada siklus I pertemuan 1 menjadi 42,30% pada siklus I pertemuan 2 dan 61,53% pada siklus II pertemuan 1 menjadi 80,76% pada siklus II pertemuan 2. Dari hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV B SD Negeri 2 Babakanreuma.

 

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran direct instruction, mata pelajaran IPA

 


Full Text:

PDF

References


Bruce, J., & Weil, M. 1996. Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2003). Educational Psychology. Boston: Allyn and Bacon

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Media.

Yamin, M. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung. Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v4i1.1109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.